Bupati Gusti Ramlana Minta OPD Jaring Aspirasi Desa

‎Mempawah sudah memiliki desa berkatagorikan desa maju sebanyak 7 desa

Bupati Gusti Ramlana Minta OPD Jaring Aspirasi Desa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Bupati Mempawah, Gusti Ramlana 

Bupati Gusti Ramlana Minta OPD Jaring Aspirasi Desa

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH  - Bupati Mempawah, Gusti Ramlana menyatakan Mempawah saat ini hanya memiliki dua desa yang berstatuskan desa sangat tertinggal. 

Dan juga, hingga saat ini juga Mempawah belum memiliki desa Mandiri.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Mempawah saat di gelarnya pada pelaksaaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

"‎Tapi selain itu di Mempawah masih memiliki desa tertinggal sebanyak 21 desa, dan juga memiliki desa berkembang ada 30 desa," kata Ramlana, belum lama ini.

"‎Mempawah sudah memiliki desa berkatagorikan desa maju sebanyak 7 desa, tetapi Mempawah masih belum mempunyai desa mandiri,‎" tambah Ramlana.

Dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD di Aula Kantor Bupati Mempawah. pihaknya mengedepankan penjaringan aspirasi melalui partisipasi masyarakat dalam musrenbang.

“Baik itu kelompok atau individu karena dalam pembangunan mereka memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam menyampaikan rencana pembangunan di desa,” katanya Musrenbang.

Baca: Momon: 1509 Sekolah Negeri dan Swasta di Kalbar akan di Akreditasi

Baca: Badan Akreditasi Nasional-BAN-S/M Gelar Rapat Koordinasi Akreditasi Tahun 2019

Bupati Mempawah menuturkan sesuai dengan eksisting indeks desa membangun Kabupaten Mempawah memiliki 60 desa dengan status desa yang diantaranya desa sangat tertinggal, Desa tertinggal, Desa berkembang dan desa Maju.

"‎Desa status sangat tertinggal ada 2 desa, desa tertinggal sebanyak 21 desa, desa berkembang ada 30 desa, desa maju sebanyak 7 desa dan Kabupaten Mempawah belum mempunyai desa mandiri,"ungkap Bupati Mempawah.

Pada kesempatan yang sama, Gusti Ramlana menegaskan dengan kondisi seperti itu, ia meminta dengan tegas kepada kepala OPD agar membuka ruang yang lebar dalam menjaring aspirasi dari desa.

"Tujuannya supaya status desa yang masih kategori sangat tertinggal dan tertinggal bisa menjadi desa berkembang dan maju. Apalagi bila bisa mencapai status desa mandiri,” pungkasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved