Pemilu 2019

Polsek Belitang Pasang Brosur Antisipasi Peredaran Uang Palsu Jelang Pemilu 2019

Polsek Belitang memperketat pengawasan terkait peredaran uang palsu (upal) menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 bulan April mendatang

Polsek Belitang Pasang Brosur Antisipasi Peredaran Uang Palsu Jelang Pemilu 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Kapolsek Belitang IPDA Agus Junaidi melaksanakan imbauan kamtibmas terkait antisipasi peredaran uang palsu kepada warga yang berlokasi di jalan H.M. Saleh Ali desa Belitang Dua Kecamatan Belitang, Selasa (5/3). 

Polsek Belitang Pasang Brosur Antisipasi Peredaran Uang Palsu Jelang Pemilu 2019

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Polsek Belitang memperketat pengawasan terkait peredaran uang palsu (upal) menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 bulan April mendatang.

Langkah tersebut sebagai antisipasi adanya oknum atau orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi untuk mengedarkan upal untuk kepentingan kelompok atau politik uang dalam pesta demokrasi rakyat.

Menyikapi hal itu, Kapolsek Belitang IPDA Agus Junaidi melaksanakan imbauan kamtibmas kepada warga yang berlokasi di jalan H.M. Saleh Ali desa Belitang Dua Kecamatan Belitang, Selasa (5/3/2019).

Baca: Prediksi Tim Lolos ke Babak Perempat Final Liga Champion 2019: Man Utd & Juventus Tersingkir?

Baca: Polsek Menjalin Kawal Pendistibusian Bansos ke Desa

Baca: Lima Perguruan Tinggi di Kabupaten Ketapang  

Agus mengatakan cara mengetahui keaslian uang dengan cara yang paling mudah yaitu menerapkan trik 3D.

"Yaitu dilihat, diraba dan diterawang serta dengan mengenali unsur pengaman meliputi tanda air, benang pengaman, tulisan mikro, gambar tersembunyi dan gambar saling mengisi," ujarnya.

Selain melakukan imbauan, Agus juga menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga agar bersama-sama menjaga kamtibmas menjelang Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Dirinya juga telah memerintahkan personel untuk selalu memberikan himbauan kepada warga pada saat sambang untuk meningkatkan kewaspadaan guna terhindar dari tindak pelaku kejahatan.

Agus juga menuturkan kasus uang palsu harus diwaspadai, untuk itu agar personel khususnya Bhabinkamtibmas dan unit Intel Polsek yang bersentuhan langsung dengan warga untuk selalu memberikan himbauan kepada warganya untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi jual beli.

“Antisipasi tetap dilakukan, meski pada tahun 2019 ini belum ditemukan kasus peredaran uang palsu khususnya di pusat-pusat perbelanjaan di wilayah hukum Polsek Belitang," ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, jika ditemukan adanya indikasi uang palsu agar masyarakat cepat melapor ke pihak Kepolisian biar mudah dan cepat ditangani. 

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved