Kuatkan SDM, Distan TPH Kalbar Terus Berupaya Maksimal

Ketahanan pangan akan terus didorong dan diwujudkan. Untuk itu tentu butuh SDM yang baik dan berkualitas

Kuatkan SDM, Distan TPH Kalbar Terus Berupaya Maksimal
TRIBUNPONTIANAK/RIVALDI ADI MUSLIADI
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat - Heronimus Hero -- 

Kuatkan SDM, Distan TPH Kalbar Terus Berupaya Maksimal

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Memanfaatkan sumber daya alam tentu harus didasari dengan pemanfaatan SDM terlebih dahulu.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distan TPH) Kalbar, Heronimus Hero mengatakan kunci sukses pembangunan pertanian tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia (SDM), Selasa (5/3/2019).

Maka dengan hal itu Distan TPH terus melakukan penguatan - penguatan SDM pertanian dalam sektor pertanian untuk menjadi satu di antara prioritas pembangunan di Indonesia.

"Ketahanan pangan akan terus didorong dan diwujudkan. Untuk itu tentu butuh SDM yang baik dan berkualitas," ujarnya.

Baca: BREAKING NEWS - Geger Temuan Orok Bayi di Ayani Mega Mall Pontianak

Baca: Edi Kamtono Hadiri Penyerahan Harta Rampasan Negara di DJKN Kalbar

Baca: Luke Perry Aktor Terkenal Hollywood Meninggal Dunia, Fakta-fakta Terkuak di Balik Kematiannya

Menurutnya, SDM pembangunan pertanian bukan hanya dari instansi pertanian dan, petugas lapangan namun juga petani itu sendiri yang langsung di lapangan.

"Artinya SDM di semua lini harus diperkuat baik dari dinas sendiri hingga petani yang memang berkecimpung langsung di lapangan,"sebutnya.

Pada tahun 2019 ini menurut Herinimus Hero, pembinaan dan peningkatan SDM melalui berbagai pola baik pembinaan teknis langsung maupun lainnya sudah dilakukan. Seperti untuk menunjang operasional Alsintan dan penerapan teknologi budidaya pertanian.

"Operasional Alsintan tentu butuh SDM yang baik sehingga pemanfaatan semakin maksimal. Apalagi Alsintan yang dibantu pemerintah sudah banyak. Begitu juga teknologi budidaya yang ada, dengan SDM yang baik maka bisa berdampak maksimal pada hasil," papar dia.

Pendekatan untuk pola yang ada untuk penguatan SDM menurutnya baik melalui secara personal patani maupun kelembanggan seperti Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani.

"Kelembagaan pertanian kita sudah banyak. Itu yang tentu kita maksimalkan dalam pendekatan - pendekatan bagaimana SDM semakin baik," imbuhnya.

Ia berharap dengan progam pertanian yang ada, bantuan yang disalurkan kepada petani dengan ditambah SDM yang baik, produksi dan produktivitas pertanian di Kalbar akan samakin baik.

"Dengan produksi dan produktivitas yang tinggi tentu berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani atau nilai tambah petani semakin baik. Kita terus berkomitmen untuk memajukan pertanian di Kalbar," pungkasnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved