BPN Sintang Akan Gelar Bimtek, Libatkan Perangkat Desa Dukung Program PTSL

Tentu saja untuk mencapai program PTSL ini tidaklah segampang yang kita pikirkan dan perlu dukungan

BPN Sintang Akan Gelar Bimtek, Libatkan Perangkat Desa Dukung Program PTSL
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Bupati Sintang Jarot Winarno didampingi Kepala BPN Sintang Junaedi melakukan pembagian bagi masyarakat Desa Pulau Jaya dan Tinom Baru di Gedung Serbaguna Desa Pulau Jaya, Kecamatan Tempunak, Sabtu (12/1/2019) lalu. 

 BPN Sintang Akan Gelar Bimtek, Libatkan Perangkat Desa Dukung Program PTSL

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Untuk mendukung terselenggaranya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), BPN Sintang membutuhkan kerjasama yang baik (Kooperatif-Red) dengan pemerintahan desa, khususnya kepala desa dan perangkatnya.

Oleh sebab itu, Kepala BPN Sintang Junaedi mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan bimbingan teknis kepada para kepala desa beserta perangkat yang desanya dijadikan target lokasi program PTSL.

"Tujuannya kami harapkan kepada kepala desa dan staf-stafnya supaya mengerti bagaimana cara membantu orang-orang BPN terutama dalam mengelola dan menyiapkan lahan dan surat-surat yang menjadi syarat PTSL," katanya.

Baca: FOTO: Orok Bayi Ditemukan di Penampungan Limbah Toilet

Baca: Malaysia Jadi Anggota Mahkamah Kriminal Internasional, Targetkan Adili Pelaku Kejahatan Perang

Lanjutnya bahwa syarat-syarat tersebut berupa surat pernyataan fisik penguasaan tanah. Kemudian para kepala desa dan perangkat desa akan diajari tata cara mengisi formulir yang menjadi alat-alat sah dalam PTSL.

"Bahkan mungkin akan kita ajari bagaimana cara melakukan pekerjaan pengukuran dengan GPS, ya mungkin sampai ke sana pelatihannya. Karena kami harapkan supaya pekerjaan PTSL ini bisa terlaksana dengan cepat," katanya.

Junaedi menjelaskan bahwa PTSL memang jadi program pemerintah pusat yang memang berkesinambungan sampai program ini selesai yang rencananya selesai tahun 2025 semua bidang tanah di NKRI bisa terdaftar.

"Namun kan kita lihat juga di daerah terutama di Kabupaten Sintang luas wilayahnya luar biasa, kemudian banyaknya desa. Tentu saja untuk mencapai program PTSL ini tidaklah segampang yang kita pikirkan dan perlu dukungan," katanya.

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved