Sembilan Desa di Ngabang Jadi Binaan Puskesmas Semata

Sembilan Desa di Kecamatan Ngabang, menjadi binaan Puskesmas Semata yang terletak di Dusun Tareng Plasma II

Sembilan Desa di Ngabang Jadi Binaan Puskesmas Semata
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kegiatan Lokakarya Mini yang dilaksanakan Puskesmas Semata pada Kamis (28/2/2019). 

Sembilan Desa di Ngabang Jadi Binaan Puskesmas Semata

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Sembilan Desa di Kecamatan Ngabang, menjadi binaan Puskesmas Semata yang terletak di Dusun Tareng Plasma II, Desa Amboyo Utara, Kecamatan Ngabang.

Ke sembilan Desa tersebut adalah Dea Amboyo Utara, Desa Amboyo Selatan, Desa Amboyo Inti, Desa Amang, Desa Antan Rayan, Desa Sebirang, Desa Pak Mayam, Desa Temiang Sawi.

Hal tersebut diungkapkan saat melaksanakan kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang diselenggarakan di Aula Puskesmas Semata pada Kamis (28/2/2019).

Baca: Kepala Puskesmas Mempawah Hilir Sebut Pelayanan Sesuai SOP

Baca: Komunitas Xing Fu Kembali Berbagi Kasih

Baca: Dewan Pimpinan MUI Kalbar Keluarkan Imbauan Pemilu 2019

Baca: Mahasi‎swa Universitas Pertahanan Kunjungi Lantamal XII Pontianak

Ada pun yang menjadi pembahasan dalam kegiatan Lokakarya Mini ini meliputi Survey Mawas Diri (SMD), Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Kesehatan Ibu dan Anak, Gizi, Imunisasi dan cakupan angka kejadian dari program rabies, Demam Berdarah Dengue (DBD), dan gangguan jiwa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Landak diwakili oleh Kasi P2M Suisin, Camat Ngabang Yuli Nomensen, Bhabinkamtibmas Polsek Ngabang Brigpol Enggal Prasetyo.

Perwakilan Kantor BPJS Landak M Pratama, Kepala Puskesmas (Kapus) Semata Pipiyanti, serta sembilan Kades beserta para Kadusnya, ibu-ibu PKK, serta para Kader Posyandu.

Kapus Semata Pipiyanti dalam sambutannya menerangkan, kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral ini diselenggarakan bersifat sosialisai tentang pelayanan, penanganan dan peningkatan.

"Terkait peningkatan kwalitas kesehatan untuk diaplikasikan ke masyarakat. Dalam kesempatan ini sekaligus kami mempromosikan fasilitas Puskesmas Semata yang baru," ucapnya.

Baca: JPPR Harap Sortir Surat Suara Tak Terkesan Asal-Asalan

Baca: BMKG Prediksi Melawi Diguyur Hujan Lokal pada Dini Hari Nanti

Baca: Sporta Indonesia Komitmen Kembangkan Olahraga di Kalbar

Selain itu Pipiyanti juga menambahkan, Puskesmas Semata mencanangkan program kerjasama dengan instansi terkait untuk penanganan yang bersifat khusus.

"Seperti penanganan gangguan jiwa dan penanganan penyakit rabies atau pun wabah lainnya," terangnya.

Sementara itu Camat Ngabang Yuli Nomensen menuturkan, melalui program ini nantinya diharapkan dapat lebih meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakat.

Dirinya juga mengajak peran serta para perangkat desa, para tokoh untuk terlibat langsung. "Yakni mengajak warganya untuk menjaga lingkungan, agar selalu bersih dan sehat," harapnya.

Diakhir kegiatan, dilaksanakan penanda tanganan bersama komitmen untuk mendukung peningkatan kesehatan masyarakat diseluruh wilayah binaan Puskesmas Semata.

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved