Relasi Basis Warga Net Lakukan Sosialisasi Pemilu 2019

Tidak hanya tahu kita nyoblos di 17 April, tapi harus tahu cara menggunakannya. Ada 5 surat suara, dan setidaknya butuh 5 menit

Relasi Basis Warga Net Lakukan Sosialisasi Pemilu 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Foto bersama usai pelaksanaan sosialisasi pemilu 2019 oleh Relawan Demokrasi (Relasi) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah Basis Warga Net, di gedung PNPM Desa Penibung, Kecamatan Mempawah Hilir, Kamis (28/2/2019). 

Relasi Basis Warga Net Lakukan Sosialisasi Pemilu 2019

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Relawan Demokrasi (Relasi) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah Basis Warga Net, menghadirkan narasumber Ketua KPU Kabupaten Mempawah, M Agoes Soesanto.

Mengadakan sosialisasi kepada warga net, di gedung PNPM Desa Penibung, Kecamatan Mempawah Hilir, Kamis (28/2/2019).

Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Desa Penibung, Relasi Basis Warga Net, serta masyarakat sekitar yang masuk dalam warga Net.

Ketua Relasi Basis Warga Net, Purnomosidi menjelaskan dalam sosialisasi ini, menyampaikan tentang kepemiluan diantaranya DPTb, DPT, Dokumen dan Surat suara, serta cek data pemilih melakui smartphone.

"Sosialisasi tentang DPTb, DPT, Dokumen dan Surat suara, serta cek data pemilih melakui smartphone," jelasnya.

Baca: Polda Kalbar Musnahkan 1.244,35 Gram Sabu dan 2,62 Gram Ekstasi

Baca: Kecamatan Kuala Behe Sosialisasi Pengeloaan Administrasi Kampung KB

Baca: Daftar Caleg DPR RI Dapil II Kalbar di Pemilu 2019, Parpol Nomor 20 Tak Ada Caleg

Dalam obrolan santai, Ketua KPU Kabupaten Mempawah, M. Agoes Soesanto menyampaikan jika soal Pemilu tidak hanya bicara tentang tanggal pelaksanaannya yakni 17 April 2019. Tapi juga berbagai hal mulai dari cara pencoblosan sehingga suara menjadi sah, lalu bagaimana pemilih secara hukum bisa menggunakan hak pilihnya.

Agoes mengatakan surat suara harus dicoblos menggunakan alat coblos yang sudah disediakan di bilik suara. jika menggunakan selain yang disediakan misalnya menggunakan alat lain seperti, pena, rokok dan lainnya itu tidak sah.

“Tidak hanya tahu kita nyoblos di 17 April, tapi harus tahu cara menggunakannya. Ada 5 surat suara, dan setidaknya butuh 5 menit untuk bisa menyelesaikannya. Satu surat untuk membukanya butuh beberapa detik, lalu melipatnya lagi,” jelas Agoes.

Agoes mengungkapkan jika belum memiliki pilihan saat di TPS, maka saat di bilik suara bisa lebih lama lagi. Karena harus berpikir lagi di TPS, maka disarankan pemilih sudah memiliki pilihan sehingga tinggal menggunakan hak pilihnya saja.

Ia juga menjelaskan cara mencoblos yang tepat, "Pilih nomor urut atau coblos foto calon. Jika DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten, jika mencoblos Parpol maka menjadi suara Parpol. Jika mencoblos nama dan nomor urut Caleg maka menjadi suara Caleg," tegasnya.

Peserta antusias sekali berdialog tentang kepemiluan serentak 2019. Dalam kesempatan ini, para peserta diskusi ini tertarik menanyakan berbagai hal mulai dari keamanan kotak kardus, pindah memilih, integritas penyelenggara dan masih banyak lagi.

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved