KPU Ketapang Segera Bentuk KPPS di 1.565 TPS

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang, Tedi Wahyudin, mengatakan dalam waktu dekat ini KPU akan membentuk kelompok

KPU Ketapang Segera Bentuk KPPS di 1.565 TPS
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Nur Imam Satria
Ketua KPU Kabupaten Ketapang, Tedi Wahyudin. 

KPU Ketapang Segera Bentuk KPPS di 1.565 TPS

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang, Tedi Wahyudin, mengatakan dalam waktu dekat ini KPU akan membentuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Hal ini telah diinstruksikan secara berjenjang kepada PPS melalui PPK di wilayah kerja masing-masing.

"Guna mempersiapkan semua menjelang pemungutan suara, KPU akan segera membentuk KPPS. Pengangkatan KPPS ini menjadi wewenang PPS. Pengangkatan KPPS ini tentu melalui prosedur yang diatur oleh ketentuan," kata Tedi, Kamis (28/02/2019).

Baca: Jumlah Madrasah Aliyah di Kabupaten Ketapang 

Baca: Jamin Keamanan Investasi, Bupati Landak Mediasi Kesepahaman PT Antam dan PT Hilton Duta Lestari

Baca: Tahun 2018 Pencapaian Ekspor Barang dari Kalbar Hampir Mencapai 1,3 juta dolar AS

Tedi menjelaskan, nantinya KPPS berjumlah 7 orang yang dibentuk di setiap TPS yang saat ini berjumlah 1.565. Tugasnya melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

"Rekruitmen KPPS kali ini prosesnya memang cukup selektif, namun terbuka, mulai dari pengumuman, penerimaan pendaftaran, penelitian berkas hingga penetapannya yang dilakukan oleh PPS," jelasnya.

Tedi juga mengungkapkan, berbagai persyaratan harus dipenuhi oleh seorang calon KPPS. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh penyelenggara pemilu yaitu, KPPS yang berintegritas dan netral.

Bahkan, KPPS yang telah diangkat nantinya akan menandatangani pakta integritas yang berisi komitmen menyelenggarakan Pemilu.

Proses perekrutan KPPS sendiri ujar Tedi, telah dimulai sejak hari ini, Kamis 28 Februari 2019. Sementara PPS telah diintruksikan untuk mengumumkan pendaftarannya hingga tanggal 5 Maret.

"Jadi pada 27 Maret nanti semua KPPS sudah terbentuk. Kita harapkan semuanya dapat terbentuk di waktu yang telah ditetapkan, sehingga tidak mengganggu kepada jadwal lainnya," ujarnya.

Ketentuan pembentukan KPPS ini mengacu pada keputusan KPU nomor 32/PP.05-Kpt/01/KPU/II/2019. Regulasi ini yang terbaru dikeluarkan KPU RI sebagai perubahan dari regulasi sebelumnya. KPU juga harus cepat menyesuaikan, karena jelang dua hari keluar sebelum tahapan pengumuman dimulai.

Selain pengangkatan KPPS, KPU Kabupaten Ketapang nantinya juga akan melakukan perekrutan petugas keamanan dan ketertiban TPS yang diambil dari Linmas Desa.

Tugasnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di TPS pada saat berlangsungnya pemungutan suara hingga penghitungan suara selesai.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved