Untuk Menang, Pengamat: Harus Bangun Kesolidan Tim

Pengamat Politik Untan Yulius Yohanes mengatakan tim harus bekerja dengan baik, dengan solid, artinya bagaimana tim dibangun

Untuk Menang, Pengamat: Harus Bangun Kesolidan Tim
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Yulius Yohanes, Pengamat Politik FISIP Untan 

Untuk Menang, Pengamat: Harus Bangun Kesolidan Tim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Untan Yulius Yohanes mengatakan tim harus bekerja dengan baik, dengan solid, artinya bagaimana tim dibangun atas sebuah tanggung jawab terkait untuk pemenangan.

Karena memang didalam membangun kemenangan yang diharapkan, tim mesti betul-betul bekerja secara efektif mengkomunikasikan progja yang sudah dilaksanakan dan kedepan seperti apa sehingga jelas program yang ditawarkan sehingga dapat menyentuh aspirasi dan kepentingan masyarakat.

Saya pikir, terkait dengan tingkat kesolidan tim, khususnya Kalbar mesti ada konsep, bagaimana dalam negara kesatuan bisa direalisasi apa yang menjadi harapan masyarakat untuk mewujudkan keadilan sosial yang diharapkan masyarakat.

Seperti yang diketahui, 01 mempunyai program yang dinilai pro rakyat untuk kepentingan masyarakat sehingga apapun yang sudah dilakukan bisa dirasakan masyarakat.

Baca: Terkait Pendaftaran Calon Sekda Kalbar, Yosepha Hasnah: Daftar Aja Belum Dek

Baca: Alasan Rocky Gerung Tak Hadir di ILC TVOne, Deretan Potret Ini Mengungkap Siapa Rocky Gerung

Baca: Harap Terselenggara Baik, Suriansyah Minta Pansel Open Bidding Sekda Kalbar Transparan

Yang penting pertama dilakukan, harus menjalin komunikasi yang efektif. Bagaimana membangun komunikasi dengan baik, mengedepankan nilai-nilai yang menjadi tujuan ingin direalisasikan dalam koalisi.

Kedua, juga harus dibangun rasa kepercayaan dalam tim, agar apa yang dilakukan menjadi modal untuk menyampaikan ke masyarakat terkait isu-isu yang bisa dipahami untuk disosialisasikan.

Tim juga jangan merasa aman dan lengah karena hasil survei, tetapi justru dengan hasil survei tim harus dapat menjaga kemungkinan yang bisa terjadi dengan memperkuat komunikasi tim.

Selain itu, dalam penyampaian pesan oleh tim harus melihat karakter masyarakat termasuk budaya masyarakat sehingga jangan sampai salah di dalam menyampaikan pesan terkait dengan program yang dilakukan tentu dengan cara yang santun serta kongkrit dan mudah dipahami.

Perjalanan pemilu kedepan, tentu juga diharapkan masyarakat khususnya Kalbar dapat berjalan demokratis, aman dan damai.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved