Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, Wabup Landak: Program Manunggal Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Wakil Bupati (Wabup) Landak, Herculanus Heriadi menjadi Inspektur Upacara (Irup) pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa

Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, Wabup Landak: Program Manunggal Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati (Wabup) Landak, Herculanus Heriadi saat memukul gong tanda dibukanya TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 104 di Kabupaten Landak, Selasa (26/2/2019). 

Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, Wabup Landak: Program Manunggal Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Citizen Reporter
Kasi Intel Kodim 1201/Mpw
Lettu CZI Kiki Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK –  Wakil Bupati (Wabup) Landak, Herculanus Heriadi menjadi Inspektur Upacara (Irup) pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 1201 Mempawah, Selasa (26/2/2019).

Upacara pembukaan TMMD dilaksanakan di halaman Kantor Camat Jelimpo, dengan dihadiri oleh Danrem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Kasiterem 121/Abw Kolonel Inf Nyamin, Dandim 120/Mph Letkol Arm Anom Wirasunu, Pabandya Bhakti TNI Dam XII/Tpr Mayor Inf Tantri.

Turut hadir unsur Forkopimda Landak, OPD Landak, Kades se-Kecamatan Jelimpo, tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, serta mahasiswa dan pelajar dari Kecamatan Jelimpo.

Baca: Wakil Bupati Landak Membuka TMMD Reguler ke-104 Kodim 1201/Mph

Baca: Dilantik Jadi Ketua DMI, Hasanusi Ajak Pemuda Makmurkan Masjid

Baca: Lantik Pengurus DMI, Ini Pesan Ria Norsan

Pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 104 di Kabupaten Landak, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Landak, Herculanus Heriadi, pembukaan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Wakil Bupati Kab Landak.

Dimana  TMMD yang mengambil tema “Melalui TMMD Kita tingkatkan Kebersamaan Umat serta Semangat Gotong Royong dalam Kehidupan Berbangsa dan bernegara Guna mewujudkan Ketahanan Nasional.” dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Seperti diketahui, TMMD ke 104 Kodim 1201 Mempawah akan dilaksanakan di Desa Sekais, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak. Dilaksanakan dari tanggal 26 Februari sampai satu bulan ke depan dengan beberapa agenda kegiatan.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Landak, Herculanus Heriadi mengatakan bahwa program manunggal daapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Kegiatan ini tentunya membantu Pemerintah Kabupaten Landak untuk membangun wilayah pedalaman, dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat " ujar nya.

Wabub juga berharap kegiatan TMMD nanti bisa berjalan dengan sukses, serta mendapat dukungan dari masyarakat. "Semoga kegiatan ini nanti bisa sangat bermanfaat untuk masyarakat setempat, dan sangat perlu didukung,” tegasnya.

Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi dalam wawancara bersama awak media mengutarakan maksud dari digelarnya TMMD kali ini.

Baca: Lantik Pengurus DMI, Ini Pesan Ria Norsan

Baca: VIDEO: Tarian Angkat Ngayau Meriahkan Festival Crossborder Entikong 2019

Baca: KPU Sambas Gelar Rakor Bahas Pengamanan Pemilu

Menurutnya, TMMD dilakukan untuk membantu pertumbuhan ekonomi di wilayah yang aksesnya terhitung sulit, sehingga akibat sulitnya akses itu, pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah jadi terhambat. “Kegiatan ini membantu dan mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Landak,” ujar pria ramah itu.

Alasan pemilihan Desa Sekais sebagai lokasi TMMD ialah adanya potensi yang belum tergali di wilayah ini. Dengan adanya TMMD diharapkan potensi itu bisa terlihat dan dimanfaatkan. “Desa Sekais ini ada tempat atau potensi yang belum terlihat atau terlewatkan sehingga perlu didampingi dengan teliti agar tidak terlewatkan oleh pemerintah daerah,” terangnya lebih lanjut.

Dalam TMMD ini, setidaknya ada sekitar 7,8 kilo meter jalan yang akan direhab dan  belasan jembatan yang akan dibangun. Program TNI Manunggal membangun desa yang telah dicanangkan sejak tahun 1945 pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat.

Semua dilakukan melalui persatuan gerak pengelolaan pembangunan bermasyarakat bersama unsur TNI dengan rakyat dengan tujuan membantu masyarakat membangun desanya yang lebih baik dari sebelumnya.

Pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama ini telah banyak mengubah kehidupan masyarakat menuju perbaikan yang lebih baik.

Perbaikan tersebut dapat diukur dengan adanya peningkatan taraf pendidikan, derajat kesehatan dan daya beli masyarakat, dimana hal ini sejalan dengan program pengembangan desa melalui kegiatan TMMD yang mana merupakan program yang dilakukan lintas sektoral.

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved