Ini Gambaran Soal Sirkuit Mandalika Kebanggaan Indonesia di Ajang MotoGP 2021 Mendatang

Ini belum kelihatan karena masih dalam proses. Tapi di areal inilah akan dibangun areal balap itu

Ini Gambaran Soal Sirkuit Mandalika Kebanggaan Indonesia di Ajang MotoGP 2021 Mendatang
(Dok. ITDC)
Denah lokasi tribun utama sirkuit Mandalika di kawasan KEK Mandalika, Kuta Lombok, Lombok Tengah, dilihat menggunakan drone, Sabtu (23/2/2019). 

Ini Gambaran Soal Sirkuit Mandalika Kebanggaan Indonesia di Ajang MotoGP 2021 Mendatang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUTA LOMBOK - Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia jadi tuan rumah MotoGP pada 2021 mendatang, di Sirkuit Mandalika, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Pada Sabtu (23/2/2019), Kompas.com dan sejumlah jurnalis lain berkesempatan untuk meninjau sejumlah titik lokasi pembangunan sirkuit balap motor tingkat dunia tersebut. 

Sirkuit Mandalika akan dibangun Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan sebuah perusahaan asal Perancis. Pembangunan sirkuit akan dimulai September 2019 hingga 2020. Setelah terbangun, sirkuit balap itu akan bisa menampung lebih dari 90.000 penonton. 

Baca: Viral Video Ibu-ibu Sebut Jika Jokowi Terpilih Tak Ada Lagi Azan, Ini Penjelasan Ketua RT

Dalam site plan, tribun utama penonton berupa hamparan bukit yang menghadap ke laut. Sehingga penonton di tribun utama ini selain bisa menikmati ajang balapan, juga bisa menikmati laut Lombok yang indah. 

"Ini belum kelihatan karena masih dalam proses. Tapi di areal inilah akan dibangun areal balap itu," kata Miranti Rendranti, Sekretaris ITDC, kepada rombongan awak media. Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer tidak menemani tour para awak media karena mendelegasikan tugasnya ke sekretarisnya tersebut. 

Miranti menerangkan, lokasi yang akan dibangun sirluit seluas 106 hektar. Proyek pembangunan Sirkuit Mandalika memakan waktu 9 bulan. Saat ini proyek ini masuk tahap pembebasan lahan. Tahap selanjutnya yakni perencanaan hingga pengaspalan agar sesuai standar internasional. 

Pihak ITDC bersama perusahaan asal Perancis merencanakan sirkuit sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan tersebut bakal disewa selama 80 tahun.

Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengatakan bahwa pembangunan sirkuit itu akan dimulai September 2019 dan akan selesai 2020 nanti.

Baca: Edi Kamtono Hadiri Pencanangan Zona Integritas Pengadilan Negeri Pontianak

Selain ITDC, salah satu investornya asal Perancis yakni Vinci Construction Grands Project. Di Indonesia, perusahaan ini beralamat di wilayah Mega Kuningan, Jakarta Selatan. 

Halaman
12
Tags
MotoGP
Editor: Rihard Nelson Silaban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved