Harga Cabai Melambung di Pasar Putussibau, Rp70 Ribu Per Kilogram

Sejak awal bulan kemarin, harga cabai rawit merah sebesar Rp70 ribu perkilo sebelumnya mencapai kisaran Rp50 ribu per kilogram

Harga Cabai Melambung di Pasar Putussibau, Rp70 Ribu Per Kilogram
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Cabai di Pasar Pagi Putussibau, Senin (25/2/2019). 

Harga Cabai Melambung di Pasar Putussibau, Rp70 Ribu Per Kilogram

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU -  Harga beberapa jenis cabai di pasar tradisional Kota Putussibau bertahan tinggi, karena minim pasokan dari petani. Seperti, di Pasar Pagi Putussibau, harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting hingga saat ini bertahan pada kisaran Rp70 ribu per kilogram.

"Sejak awal bulan kemarin,  harga cabai rawit merah sebesar Rp70 ribu perkilo sebelumnya mencapai kisaran Rp50 ribu per kilogram," ujar seorang pedagang di Pasar Pagi Putussibau, Yuni, Senin (25/2/2019).

Baca: Arus Lalu-lintas di Simpang Lima Sintang Terpantau Ramai Lancar

Yuni menjelaskan, harga cabai secara umum masih tergolong tinggi.

Berdasarkan informasi yang diterima dari penyalur, pasokan cabai dari petani masih minim akibat tinggi curah hujan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

"Tidak hanya naik beberapa hari ini cabai juga langka di Pasar Pagi Putussibau, jikapun ada cabe yang dijual sudah dalam keadaan tidak bagus lagi," ucapnya.

Pedagang lainnya Minah menuturkan, selama ini di Kapuas Hulu, bila barang sudah naik sangat susah untuk turun, untuk itu diperlukan peran pemerintah dalam mengatasi permasalahan ini.

"Kita takutnya ada yang sengaja mengambil keuntungan dengan menciptakaan kondisi yang seperti ini. Naiknya harga cabai disebabkan kebun cabai di Kalis, Kapuas Hulu diserang hama," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved