Jakarta Akan Terapkan Lulus Uji Emisi Jadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan Mobil dan Motor

Insya Allah ke depan, di 2020, seluruh mobil dan motor yang ada di DKI Jakarta, pada saat ingin perpanjangan pajak kendaraan, harus bisa melampirkan

Jakarta Akan Terapkan Lulus Uji Emisi Jadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan Mobil dan Motor
(Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com)
Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat menggelar uji emisi gratis kendaraan bermotor di Kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017). 

Jakarta Akan Terapkan Lulus Uji Emisi Jadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan Mobil dan Motor 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, uji emisi akan ditetapkan sebagai salah satu syarat untuk membayar pajak kendaraan bermotor di Jakarta.

Aturan itu rencananya diterapkan mulai 2020.

"Insya Allah ke depan, di 2020, seluruh mobil dan motor yang ada di DKI Jakarta, pada saat ingin perpanjangan pajak kendaraan, harus bisa melampirkan lulus uji emisi," ujar Isnawa di Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (24/2/2019).

Isnawa menyampaikan, ketentuan uji emisi sebagai syarat bayar pajak kendaraan ada dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Baca: Prabowo Janji Sediakan Pupuk Murah kepada Petani Jika Terpilih Jadi Presiden Pada Pemilu 2019

Namun, aturan itu belum diterapkan hingga saat ini. Pemprov DKI Jakarta nantinya membuat aturan turunan berupa peraturan gubernur (pergub) untuk menerapkan aturan soal uji emisi itu.

"Syarat perpanjangan pajak kendaraan harus melampirkan uji emisi itu udah ada dari tahun 2005. Jadi kita akan menerapkannya nanti pergub. Pak Gubernur akan mengarahkan itu nantinya," kata dia.

Isnawa menyampaikan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan bekerja sama dengan bengkel-bengkel di Jakarta untuk melakukan uji emisi kendaraan.

Syarat lulus uji emisi itu akan diberlakukan sebagai upaya memperbaiki kualitas udara Jakarta.

Baca: 15 Napi Narkoba Kalbar yang Dipindahkan ke Nusakambangan Diterbangkan Dari Lanud Supadio

Sebab, polusi udara di Jakarta paling banyak disebabkan kendaraan bermotor.

"Polusi Jakarta sudah termasuk dalam tingkatan kota yang paling terpolutan di dunia. 70 persen penyumbang emisi gas karbon ataupun perusakan lingkungan udara disebabkan dari sektor transportasi," ucap Isnawa. (*)

Artikel ini telah terbit di kompas.com dengan judul Mulai 2020, Uji Emisi Jadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan di Jakarta

Tags
Mobil
Motor
Editor: Rihard Nelson Silaban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved