Bupati Sambas Hadiri Launching Gerakan Indonesia Bersih di Jakarta

Bupati Sambas menghadiri kegiatan Launching Gerakan Indonesia Bersih, Rapat Kerja Nasional, Pusat dan Daerah di Jakarta.

Bupati Sambas Hadiri Launching Gerakan Indonesia Bersih di Jakarta
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat menghadiri kegiatan Launching Gerakan Indonesia Bersih, dan Rakernas Pusat dan Daerah. 

Bupati Sambas Hadiri Launching Gerakan Indonesia Bersih di Jakarta

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Bupati Sambas menghadiri kegiatan Launching Gerakan Indonesia Bersih, Rapat Kerja Nasional, Pusat dan Daerah di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Bupati Atbah mengatakan Sambas siap untuk melaksanakan Gerakan Sambas Perangi Sampah untuk menyukseskan program Pengelolaan Sampah untuk Gerakan Indonesia Bersih, Sehat dan Bernilai tahun 2019.

Demi melancarkan kegiatan tersebut, Bupati Sambas, bersama dengan kepala daerah se-Indonesia mengikuti rapat Kerja Nasional di Jakarta, atas undangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kamis (21/2).

Dalam kesempatan itu, Atbah menyampaikan laporan tertulis berkenaan dengan kondisi dan kegiatan persampahan serta permasalahan daerah.

Baca: Kuota Pengawas TPS di Pontianak Belum Terpenuhi, Capai Angka 47 Persen

Baca: Berikan Cara Mudah Dapatkan SIM, Sat Lantas Polres Singkawang Sediakan Coaching Clinic

Baca: Camat Air Besar Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan, Ini yang Jadi Pembahasan

Laporan tersebut ia sampaikan langsung kepada Tim Nasional (Timnas) Pengelolaan Sampah di Jakarta.

“Dari arahan menteri pada rakernas itu, daerah didorong untuk melakukan penyusunan peraturan daerah guna mendukung gerakan Indonesia bersih dan sehat. Daerah juga diminta menyelesaikan kebijakan yang menjadi landasan pelaksanaan pengelolaan persampahan di daerah,” ujarnya, Jum'at (22/2/2019) sebagaimana rilis yang diterima Tribun.

Atbah mengatakan, setelah pemilihan serentak tahun 2018, negara memandang itu momentum tepat untuk mengintegrasikan kinerja dan kerangka strategis daerah ke dalam Rencana Strategis Pemerintah Daerah yang terkait dalam penanganan persampahan.

“Hasil rakernas itu juga mendorong daerah melakukan inovasi pengelolaan sampah didaerah seperti inovasi kelembagaan, keuangan, inovasi teknis seperti memanfaatkan sampah sebagai sumber daya ekonomi,” paparnya.

Salah satunya adalah dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Untuk meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat.

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved