Samion: Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 Penting

Kalau saya pribadi tidak perlu dibuat mata pelajaran karakter, tetapi semua guru harus memahami karakter

Samion: Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 Penting
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Samion saat menjadi pembicara di Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh BEM FKIP UNTAN, di Auditorium Untan, Kamis (21/2/2019). 

Samion: Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 Penting

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK- Ketua PGRI Kalbar, Samion menjadi pemateri di seminar Nasional yang diselenggarakan oleh BEM FKIP Universitas Tanjungpura dengan mengangkat tema Peran pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0 , di Auditorium Untan, Kamis (21/2/19).

Samion mengatakan seorang guru wajib memahami hakikat tentang pendidikan karakter. Karena bagaimana pun juga guru mesti harus beranjak dari sebuah karakter.

Makanya dulu ada upaya pemerintah untuk membuat satu mata pelajaran pendidikan karakter.

"Kalau saya pribadi tidak perlu dibuat mata pelajaran karakter, tetapi semua guru harus memahami karakter," ujar Samion usai menjadi pembicara diseminar nasional.

Baca: Wabup Effendi Dorong Guru PAUD Ikuti Jejak Suprihatin

Baca: MUI Kalbar Dapat Wakaf 1.000 Eksemplar Al Quran

Menurut ia sendiri setiap guru mempunyai karakter masing-masing. Jika dimunculkan peran pendidikan karakter untuk memasuki era industri 4.0 merupakan hal yang sangat luar biasa.

"Karena kalau tidak punya karakter maka pemanfaatan internet dan media sosial dengan cara jor-joran tidak lagi melihat tata krama, etika dan sebagainya," ujarnya.

"saya berharap dengan adanya seminar paling tidak kita masuk di era apa saja. Kalau dilandasi karakter insya Allah tidak ada yg dikhawatirkan. Kita bisa melakukan dan masuk dalam dunia itu," pungkasnya.

Di dunia pendidikan Indonesia hampir terjebak karena kebijakan pemerintah.

Anak lulus harus dengan nilai sekian tidak melihat apakah anak tersebut memiliki karakter atau tidak. Seharusnya dalam sistem penilaian harus dikuatkan penialaian karakter.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved