Tutup Kegiatan Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD, Bupati Rupinus Pesan Beberapa Hal Kepada SKPD

Bupati Sekadau Rupinus, menutup secara resmi kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan APBD Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2019

Tutup Kegiatan Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD, Bupati Rupinus Pesan Beberapa Hal Kepada SKPD
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Penandatanganan pakta integritas antara Bupati Sekadau, Wakil Bupati Sekadau, dan Kepala Satuan Kerja Daerah di lingkungan Pemkab Sekadau, pada penutupan kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan APBD Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2019, di aula serbaguna kantor bupati Sekadau, Rabu (20/2) siang. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut diinisiasi oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sekadau.  

Tutup Kegiatan Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD, Bupati Rupinus Pesan Beberapa Hal Kepada Kepala SKPD

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Bupati Sekadau Rupinus, menutup secara resmi kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan APBD Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2019, di aula serbaguna kantor bupati Sekadau, Rabu (20/2) siang. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut diinisiasi oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sekadau. 

Rupinus juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan rakor dan sosialisasi tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan awal yang baik dalam membuka pelaksanaan kegiatan pada tahun anggaran 2019, sekaligus sebagai salah satu usaha dalam memperbaiki kinerja bersama. 

"Rapat koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 yang telah dilaksanakan 2 hari ini membawa angin segar bagi kita semua, karena kita telah memiliki persamaan persepsi akan pentingnya penyerapan anggaran," ujarnya ditemui usai kegiatan.

Baca: Cegah Pembuangan Sampah Popok ke Sungai, Gubernur Khofifah Ambil Kebijakan Ini

Baca: Diduga Bunuh Diri, Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Menewaskan Satu Keluarga di Cikembar

Baca: Cari Oleh-oleh Khas Pontianak? Kamu Bisa Belanja ke Sini

Oleh karena itu, lanjut dia, langkah selanjutnya dalam upaya mencapai tatget yang telah disepakati, ia meminta kepada kepala SKPD untuk segera melaksanakan program dan kegiatan yang telah direncanakan, kegiatan yang tidak memerlukan proses pengadaan barang dan jasa yang cukup panjang, dapat dilaksanakan terlebih dahulu sambil menunggu proses pengadaan barang dan jasa untuk kegiatan-kegiatan yang perlu diadakan sebelum lelang dan sebagainya. 

Melakukan evaluasi secara mandiri atas berbagai program dan kegiatan, membagi tugas dan mendayagunakan para pejabat yang ditunjuk untuk pengelolaan keuangan, pengelolaan pengadaan barang dan jasa dan pejabat pelaksana teknis kegiatan, sehingga proses pelaksanaan APBD di masing-masing SKPD berjalan dengan sebagaimana mestinya. 

"Saya juga meminta setiap SKPD melakukan koordinasi dan evaluasi kendala-kendala dalam setiap proses, dan segera mencari solusi, dan SKPD juga harus melakukan koordinasi secara intensif antara BPKAD, Bappeda dan Inspektorat dengan SKPD dan bekerja secara sinergis. Dan yang terpenting selalu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan penyedia jasa untuk mengingatkan kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan," jelasnya. 

Disamping itu, Rupinus juga menyampaikan bahwa satu diantara fungsi manajemen yang sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi adalah fungsi pengawasan.

Baca: VIDEO: Live Streaming & Hasil Indonesia Vs Malaysia, Live RCTI Matchday 2 Fase Grup B Piala AFF U-22

Baca: Shampo Pria & Wanita Berbeda, Sejumlah Bahan Kimia Dalam Produk Pengaruhi Hormon

Baca: Rasakan Lezatnya Gelato dan Dessert Holla Ice Bar Café

Fungsi manajemen lainnya seperti perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya, apabila fungsi pengawasan tidak dijalankan dengan baik. Selanjutnya, fungsi evaluasi juga tidak akan memberi perubahan yang signifikan, jika sebuah organisasi memiliki pengawasan yang lemah. 

"Demikian halnya dengan organisasi pemerintah Kabupaten Sekadau, fungsi-fungsi manajemen harus dilaksanakan secara utuh dan menyeluruh, sehingga tujuan pembangunan daerah sesuai dengan visi dan misi dapat dicapai oleh pemerintah Kabupaten Sekadau. Program dan kegiatan yang tertuang dalam APBD Kabupaten Sekadau merupakan acuan yang jelas, dan detail dalam melaksanakan pembangunan daerah," ungkapnya. 

Rupinus juga menegaskan, pengawasan dalam pelaksanaan anggaran dimaksudkan antara lain untuk memastikan bahwa pelaksanaan program, dan kegiatan berjalan sesuai dengan perencanaan terutama terkait jadwal pelaksanaan, keluaran kegiatan dan pertangunggjawaban kegiatan. 

"Dan juga menemukan kendala-kendala yang dihadapi, sehingga dapat dicari titik temu sebagai sebuah solusi. Mengetahui progres pelaksanaan program dan kegiatan realisasi fisik dan realisasi keuangan, dan mencegah terjadinya tindak penyimpangan dalam pelaksanaan sebuah kegiatan," tukasnya. 

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan pakta integritas antara Bupati Sekadau, Wakil Bupati Sekadau, dan Kepala Satuan Kerja Daerah di lingkungan Pemkab Sekadau. Hadir juga Wakil Bupati Sekadau Aloysius, dan Sekda Sekadau Zakaria Umar.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved