Bulog Siapkan 226 Ton Beras Perbulan Untuk Bansos Rastra di Wilayah Sintang

Untuk Rastra tahun 2019 ini kita sudah mulai sejak awal bulan Februari kemarin, penyaluran pertama di Kecamatan Kelam Permai

Bulog Siapkan 226 Ton Beras Perbulan Untuk Bansos Rastra di Wilayah Sintang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Wahidin
Kepala Bulog Sub Divre Sintang Maradona Singal bersama dengan petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Sintang ikut serta dalam penyaluran Bansos Rastra di beberapa kelurahan di Kecamatan Sintang, Rabu (20/2/2019) pagi. 

Bulog Siapkan 226 Ton Beras Perbulan Untuk Bansos Rastra di Wilayah Sintang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Kepala Bulog Sub Divre Sintang, Maradona Singal mengatakan bahwa penyaluran Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) Tahun 2019 untuk wilayah Kabupaten Sintang sudah dimulai sejak awal bulan Februari lalu.

Menurutnya, untuk Kabupaten Sintang sendiri ada 22.634 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima Bansos Rastra. Pihaknya pun menyiapkan sekitar 226 ton beras setiap bulan untuk didistribusikan ke 14 kecamatan.

"Untuk Rastra tahun 2019 ini kita sudah mulai sejak awal bulan Februari kemarin, penyaluran pertama di Kecamatan Kelam Permai dan hari ini bersama-sama kita salurkan di Kecamatan Sintang," ujarnya, Rabu (20/2/2019) pagi.

Baca: Datangi Gudang Logistik, Atbah: Saya Ingin Pastikan Kesiapan Sambas Hadapi Pemilu

Baca: Meriah, Cap Go Meh Sintang Angkat Tema Keberagaman Merajut Persatuan dan Persaudaraan

Baca: BTS Umumkan Tur Konser Dunia 2019, ARMY Sambut Histeria!

Namun sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2019 ini Bulog Sub Divre Sintang melakukan perubahan titik distribusi dan sudah melalui kesepakan bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang.

Jadi distribusi Bansos Rastra tidak lagi sampai ke desa-desa atau kelurahan, namun langsung ke kecamatan sehingga diharapkan desa dapat menganggarkan dana desa untuk dibawa dari titik distribusi ke titik bagi," katanya.

Untuk penyaluran sendiri, dia berharap desa-desa juga dapat bekerjasama agar segera dirasakan KPM. Sebab berdasarkan surat dari Kementerian Sosial, di akhir Februari ini Bansos Rastra untuk Januari dan Februari harus tersalurkan.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat, Bulog Sub Divre Sintang bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Sintang juga akan kembali melakukan sosialisasi untuk Program Bansos Rastra ke Kecamatan-Kecamatan di Sintang.

Stok rastra saat ini menurutnya memang baru dipersiapkan sampai bulan April 2019. Sementara yang alokasi berdasarkan surat dari Kementerian Sosial baru untuk alokasi Bansos Rastra bulan Januari dan Februari.

"Tapi yang sudah pasti sampai dengan bulan April. Tapi nanti tergantung dari kebijakan pusat karena ada kemungkinan bulan Mei dan selanjutnya itu mungkin Rastra beralih ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)," jelasnya.

Lanjutnya bahwa untuk masing-masing KPM yang berdasarkan data dari Kementerian Sosial perbulannya menerima Bansos Rastra dalam bentuk beras sebanyak 10 kilogram dan didapat secara gratis tanpa biaya tebus.

"Untuk kualitas pun tahun ini kami kebetulan stok fresh semua sehingga diharapkan tidak ada lagi keluhan mengenai kualitas beras, dan untuk penyalurannya juga kita ada kerjasama dengan Kodim/1205 Sintang," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved