Pelantikan Bupati Kubu Raya dan Sanggau

Beri Ucapan Selamat pada Muda-Jiwo, Ini Harapan dan Saran Pembangunan DR Erdi Abidin

Mungkin dengan membangun jembatan, jalan dan sebagainya. Itu agar potensi dasar bisa dilaksanakan.

Beri Ucapan Selamat pada Muda-Jiwo, Ini Harapan dan Saran Pembangunan DR Erdi Abidin
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berfoto bersama usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya terpilih 2019-2024 Muda Mahendrawan dan Sudjiwo di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (17/2/2019) siang. 

Beri Ucapan Selamat pada Muda-Jiwo, Ini Harapan dan Saran Pembangunan DR Erdi Abidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Pengamat Kebijakan Publik dan Pemerintahan, DR Erdi Abidin punya harapan dan saran pembangunan kepada Bupati-Wakil Bupati Kubu Raya masa jabatan 2019-2024 Muda Mahendrawan-Sujiwo usai dilantik oleh Gubernur Kalbar H Sutarmidji di Pendopo Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani 1 Kota Pontianak, Minggu (17/2/2019).

Apa harapan dan sarannya ? Berikut kutipannya saat diwawancarai Minggu (17/2/2019) malam :

"Saya ucapkan selamat atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya masa jabatan 2019-2024 Muda Mahendrawan-Sujiwo. Tentunya, banyak harapan masyarakat digantungkan kepada setiap kepala daerah hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018. 

Baca: KPU Pontianak Pastikan Ketersediaan Surat Suara DPTb, Ini Syaratnya

Khusus Kubu Raya, saya mempunyai saran pembangunan. Pertama, Kubu Raya ini kan daerah pertanian. Oleh karena itu, beras Kubu Raya yang hilang di masa kepemimpinan Pak Rusman Ali dan Pak Hermanus itu harus dihidupkan kembali dan dioptimalkan segala potensi yang ada.

Sekaligus juga mendukung program untuk swasembada pangan, khususnya dalam konteks untuk berjaya dengan kapasitas yang dimiliki. 

Kedua, kita berharap Kabupaten Kubu Raya sebagai remote area. Kita berharap pemerintah daerah menghubungkan daerah-daerah itu dengan penyediaan sarana perhubungan danau dan sungai sehingga produksi bagi daerah tadi dapat diantar ke pusat-pusat pemasaran.

Dan masyarakat daerah itu juga tidak membutuhkan biaya transportasi yang besar.

Mungkin dengan membangun jembatan, jalan dan sebagainya. Itu agar potensi dasar bisa dilaksanakan. 

Ketiga, saya ingin Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya dapat mendukung program Pak Gubernur dan Wakil Gubernur untuk menciptakan desa mandiri lebih banyak. Karena potensi desa mandiri lebih banyak di Kabupaten Kubu Raya sebagai konsekuensi kabupaten itu sebagai kabupaten satelit. 

Bila perlu dalam masa kepemimpinan Pak Muda dan Pak Sujiwo ini setiap tahun 20 desa mandiri tercipta. Sehingga dalam waktu lima tahun, bisa tercipta 100 desa mandiri. 

Ini agar keinginan Pak Gubernur untuk mewujudkan desa mandiri lebih banyak lagi bisa terpenuhi. 

Apalagi Pak Muda itu kan besar di Institut Muda. Jadi fokusnya luar biasa, maka program-program berkaitan pemberdayaan desa itu harus lebih banyak diprogramkan oleh beliau semestinya. 

Baca: Rekap DPTb Pontianak, Segini Jumlah Masuk Keluar dan Potensi Penambahan TPS

Saya pikir untuk Kabupaten Kubu Raya, tata kelola pemerintahannya sudah cukup baik. Di bidang perencanaan, Kabupaten Kubu Raya itu selalu mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi.

Ketika pemerintah sudah dijalankan secara akuntabel, berbasis IT dan sebagainya, maka kita tidak akan bermasalah. Kalau semua pemerintahan kabupaten itu melakukan apa yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Saya pikir Kalbar ini cepat menjadi daerah maju. APBD akan lebih terserap di masyarakat yang memang memiliki program yang siap untuk itu. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved