Ketum Komite Pedagang Pasar Sebut Jokowi-Maruf Mampu Wujudkan Kedaulatan Pangan

Kalau sekarang dicek di Pasar Tradisional tidak mahal harga-harga di pasar tradisional seperti yang disampaikan pihak tertentu

Ketum Komite Pedagang Pasar Sebut Jokowi-Maruf Mampu Wujudkan Kedaulatan Pangan
istimewa
Abdul rosyid arsyad. 

Ketum Komite Pedagang Pasar Sebut Jokowi-Maruf Mampu Wujudkan Kedaulatan Pangan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Jelang debat pilpres putaran dua yang akan ikut serta dibahas ketahananan pangan, Komite Pedagang Pasar (KPP) meminta agar tidak ada pihak yang menggunakan data sembarangan serta membuat pedagang dan masyarakat resah.

"Selama ini ada yang mengatakan harga-harga mahal dan selalu naik di pasar pasar tradisional. Padahal kenyataannya tak seperti itu," kata Ketua Umum Komite Pedagang Pasar (KPP) Abdul Rosyid Arsyad, kemarin.

Ia pun membandingkan kenyataan yang terjadi di pasar tradisional, dimana yang terjadi justru sebaliknya yakni harga pangan kebutuhan pokok cenderung stabil bahkan ada beberapa yang mengalami penurunan.

"Kalau sekarang dicek di Pasar Tradisional tidak mahal harga-harga di pasar tradisional seperti yang disampaikan pihak tertentu," tegas Rosyid.

Baca: Pengamat Hukum: Pemerintah Berhak Bekukan Seluruh Kegiatan HTI

Dalam kesempatan itu, Rosyid memberikan apresiasinya terhadap apa yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, apa yang dilakukan Jokowi saat ini untuk menuju ke kedaulatan pangan sudah jelas tinggal menyempurnakan waktu selesainya permasalahan petani dan logistik pengiriman pangan dari petani ke Bulog dan ke pedagang.

“Kami sarankan sistemnya harus bisa dibuat satu induk antara petani ke bulog dan ke pedagang langsung ke masyarakat. Caranya kami usulkan melalui sistem online dari petani ke bulog ke pedagang dan ke masyarakat dengan komoditas pangan kebutuhan pokok yang penjualannya di pasar tradisional” kata rosyid.

Tidak hanya itu, Rosyid juga yakin Jokowi siap menjawab stabilitas harga pangan dan kedaulatan pangan yang akan mensejahterakan rakyat termasuk petani dan pedagang.

“Saya menilai pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mampu menjaga stabilitas harga pangan dan mewujudkan kedaulatan pangan,” ungkap rosyid.

Keyakinan Abdul Rosyid merujuk pada pemerintahan Jokowi saat ini, yang terus mengkebut pembangunan infrastruktur dan akan disusul dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Rosyid Optimistis Jokowi Mampu Wujudkan Kedaulatan Pangan

Penulis: Malvyandie Haryadi

Editor: Rihard Nelson Silaban
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved