Pelantikan Bupati Kubu Raya dan Sanggau

Gubernur Sutarmidji Harap Kubu Raya Jadi Penyangga Utama Perekonomian Kalbar

Jenis urusan yang akan dikerjasamakan harus berdasarkan prioritas para pihak sesuai ketentuan.

Gubernur Sutarmidji Harap Kubu Raya Jadi Penyangga Utama Perekonomian Kalbar
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berfoto bersama usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya terpilih 2019-2024 Muda Mahendrawan dan Sudjiwo di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (17/2/2019) siang. 

Gubernur Sutarmidji Harap Kubu Raya Jadi Penyangga Utama Perekonomian Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Gubernur Kalbar, H Sutarmidji berharap Kabupaten Kubu Raya jadi kabupaten penyangga utama bagi perekonomian Provinsi Kalimantan Barat. 

Ia ingatkan pentingnya kembangkan potensi unggulan kabupaten dengan kerjasama antar daerah serta tata kelola kelautan. Satu diantaranya, potensi buah-buah lokal khusus di Kubu Raya.

“Di pasaran Kota Pontianak, jika kita cermati hampir semua buah-buahan ada label Punggur dan label Punggur merupakan suatu jaminan mutu. Punggur adalah brand Kabupaten Kubu Raya,” ungkapnya saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Pendopo Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani 1, Kota Pontianak, Minggu (17/2/2019).

Pemerintah Daerah (Pemda) Kubu Raya, kata dia, perlu buat inovasi dalam pengembangan potensi unggulan ini dan bersama pelaku usaha agar jadikan komoditas benar-benar menjadi sektor daya ungkit ekonomi di Kabupaten Kubu Raya.

Baca: Pelatih Kancil BBK Pontianak Kecewa Keputusan Kontroversial Wasit

Baca: VIDEO: Resmi Jadi Bupati, Mobil Muda Mahendrawan Dipasang Pelat KB 1 M

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya meningkatkan kerjasama antar daerah, khususnya dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Mempawah. Hal ini sesuai dengan PP Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah.

“Kerjassama antar tiga daerah, khususnya bagi Kabupaten Kubu Raya sebagai daerah penyangga atau sub urban Kota Pontianak akan sangat diuntungkan dan sebagai upaya pemerataan pertumbuhan,” terangnya.

Kubu Raya, terang dia, sebagai pemasok utama bahan pangan untuk Kota Pontianak. Jika diintervensi dalam bentuk kebijakan kerjasama antardaerah akan lebih menguntungkan bagi Kabupaten Kubu Raya.

“Demikian juga dengan Kabupaten Mempawah. Adanya pelabuhan laut Kijing akan terjadi polarisasi perkembangan berbagai sektor,” imbuhnya.

Tentunya, hal itu perlu diikuti dengan berbagai kebijakan. Satu diantaranya melalui kerjasama antardaerah. Midji berharap daerah penyangga pelabuhan dapat berkembang secara signifikan dalam berbagai aspek.

“Jenis urusan yang akan dikerjasamakan harus berdasarkan prioritas para pihak sesuai ketentuan. Pemprov akan memfasilitasi kerja sama antar kabupaten,” katanya.

Sutarmidji menambahkan Kubu Raya sangat kaya dengan sumber pangan hewani berasal dari Iaut khususnya ikan tangkap dan potensi wisata.

“Ke depan, harus mulai mengedepankan tata kelola kelautan yaitu kaidah pengelolaan laut untuk menunjang kehidupan manusia lebih baik,” tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved