Agar Hasil Tani Melimpah, Bripka Tawani Ajar Petani Mengukur PH Tanah dan Air

Berbekal ilmu pengetahuan dan telah mengikuti pendidikan, seorang anggota Polri jajaran Polres Sambas mengajak puluhan petani untuk belajar

Agar Hasil Tani Melimpah, Bripka Tawani Ajar Petani Mengukur PH Tanah dan Air
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bripka Tawani ajarkan Petani menggunakan traktor mini, namun sebelumnya di ajarkan ukur pH tanah dan air. 

Agar Hasil Tani Melimpah, Bripka Tawani Ajar Petani Mengukur PH Tanah dan Air

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Berbekal ilmu pengetahuan dan telah mengikuti pendidikan, seorang anggota Polri jajaran Polres Sambas mengajak puluhan petani untuk belajar menggunakan traktor mini dan mengukur pH tanah serta air.

Anggota Polri tersebut yakni bernama Tawani berpangkat Brigadir Kepala ( Bripka ) bertugas di Polsek Teluk Keramat jajaran Polres Sambas, yang saat ini selain seorang anggota Polantas dan juga bertugas sebagai Bhayangkara Bina Kamtibmas (Bhabinkamtibas) di tiga desa yakni desa Sekura, Desa Trimandayan dan Desa Pedada di kecamatan Teluk Keramat.

Kepada Tribun Pontianak, Bripka Tawani menceritakan dirinya mengajak sekitar 25 petani dusun Tanjung Gunung Desa Trimandayan pada Sabtu (16/2/2019) pagi hingga siang.

Baca: Panitia Larang Bawa Atribut Partai di Pawai Tatung Festival Cap Go Meh Singkawang 2019

Baca: Pagi Ini Langit Terpantau Cerah di Sekitar Kota Pontianak, Siang di Prakirakan Hujan Lokal

Baca: Daniel Sampaikan Terima kasih Pada Gubernur Kalbar: Jangan Ragu Diskresi Demi Nelayan

Di Lahan Pertanian kelompok Usaha Tani DPG Desa Peduli Gambut dsn Tanjung Gunung Desa Tri Mandayan Kecamatan Teluk Keramat Kab.Sambas berlatih dan belajar menggunakan traktor mini dan mengukur keasaman dan pH tanah serta pH air.

"Belajar mengukur pH tanah dan air itu secara teoritis mengetahui derajat keasaman secara eksperimental dengan perhitungan teoritis,"kata Tawani pada Minggu (17/2/2019)

Dikatakanya lagi," bersyukur dalam pelatihan dan belajar bersama dengan petani itu berjalan lancar dan di sambut antusias oleh para warga,"ungkap Tawani.

Ia juga menuturkan selain belajar mengukur keasaman tanah, pH tanah dan pH air, dirinya juga mengajak petani yang terdiri para pria dewasa dan ibu-ibu ini belajar menggunakan traktor mini atau Cultivator.

"Saya lakukan ini, meneruskan ilmu pengetahuan yang saya miliki dan saya pelajari, serta menindaklanjuti perintah pimpinan dari pak Kapolsek, Pak Kapolres Sambas dan Pak Kapolda yakni mendukung program desa Mandiri,"ungkapnya.

"Alhamdulillah, kegiatan belajar atau pelatihan itu di sambut baik oleh sejumlah tokoh masyarakat, Ketua Kelompok Tani, Kepala Dusun Saiyung dan Kades Trimandayan, kebetulan kegiatan itu kami gelar di lahan pertanian milik Kelompok Tani DPG Desa Peduli Gambut di dusun Tanjung Gunung Desa Tri Mandayan Kec Teluk Keramat Kab.Sambas."katanya.

Ia juga menuturkan sebelum dirinya mengajarkan menggunakan mini traktor, para petani di ajak belajar cek pH tanah,Air dan Keasaman Tanah ,apabila tanah turun PH Tanah Rendah dan Keasaman tanah Tinggi maka tanah tersebut disemprotkan dg Pupuk Organik F1 Embio Formula 1 efektif Mikro Bakteri Organik sehinga PH Tanah Meningkat dan keasaman tanah Menurun.

"Hal ini sangat penting dan para petani perlu tahu, yang sudah tahu biar semakin paham dan mandiri, karena dampaknya kedepan bila ini di lakukan, pasti hasil pertanian warga binaan saya ini melimpah, "pungkasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved