Ini Pengakuan Regita Wisudawan Terbaik Unpad yang Skripsinya Angkat Judul #2019GantiPresiden

Saya tertarik dengan isu media. Gerakan #2019GantiPresiden pun erat kaitannya dengan media sosial. Jadi saya tertarik menelitinya

Ini Pengakuan Regita Wisudawan Terbaik Unpad yang Skripsinya Angkat Judul #2019GantiPresiden
(DOK UNIVERSITAS PADJADJARAN)
Regita Anggia (20), terpilih sebagai wisudawan terbaik Universitas Padjadjaran (Unpad). Ia lulus program studi ilmu komunikasi dengan IPK 4. 

Ini Pengakuan Regita Wisudawan Terbaik Unpad yang Skripsinya Angkat Judul #2019GantiPresiden

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BANDUNG - Regita Anggia (20) terpilih sebagai wisudawan terbaik Universitas Padjadjaran ( Unpad) dengan IPK sempurna, 4,0, pada wisuda gelombang II tahun akademik 2018/2019 pada 6 Februari.

Dia lulus program studi ilmu komunikasi dengan IPK 4, setelah menyelesaikan skripsi berjudul "Pengaruh Sikap pada #2019GantiPresiden sebagai Gerakan populis Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Universitas Padjadjaran melalui Penggunaan #2019GantiPresiden di Media Sosial".

“Saya tertarik dengan isu media. Gerakan #2019GantiPresiden pun erat kaitannya dengan media sosial. Jadi saya tertarik menelitinya,” ujar Regita saat dihubungi Kompas.com, melalui telepon seluler, Selasa (12/2/2019).

Selain itu, perempuan yang kerap dipanggil Gita ini mengambil tema tersebut karena ramai diperbincangkan di media sosial. Dia melihat, fenomena itu layak diteliti secara ilmiah.

Baca: Viral Video Kuswanto Marah Karena Doni Masak Daging Babi, Tak Terima Aroma Masakan

Baca: Nasib Shamima Gabung ISIS, Keluarga Memohon, Warga Menolak dan Pemerintah Tak Akan Menolong

Regita menjelaskan, tujuan dari penelitiannya adalah untuk melihat efek sikap dan kontribusi modal sosial dalam membentuk partisipasi yang dipengaruhi oleh sikap terhadap #2019GantiPresiden di media sosial.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner secara online kepada mahasiswa.

“Dengan non-probability sampling, terdapat 443 responden yang merespons kuisioner dan menjadi sampel penelitian ini,” ungkapnya.

Hasilnya, tidak terdapat efek langsung dari sikap terhadap #2019GantiPresiden pada partisipasi politik pemilih pemula.

Selain itu, modal sosial berkontribusi positif membentuk partisipasi politik pemilih pemula yang dipengaruhi secara tidak langsung oleh sikap terhadap #2019GantiPresiden melalui penggunaan #2019GantiPresiden di medsos.

Halaman
123
Tags
Wisudawan
Editor: Rihard Nelson Silaban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved