Himapol Indonesia Korwil 3 Harap Mahasiswa-Mahasiswi Segera Urus Surat Pemberitahuan Pindah Memilih

Ketua Divisi Kajian Strategi dan advokasi Himapol Indonesia Korwil 3, Rozi Pararozi berharap mahasiswa-mahasiswiasal luar Kota Pontianak

Himapol Indonesia Korwil 3 Harap Mahasiswa-Mahasiswi Segera Urus Surat Pemberitahuan Pindah Memilih
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Divisi Kajian Strategis dan Advokasi Himpunan Mahsiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) Indonesia Korwil 3 Rozi Pararozi. 

Himapol Indonesia Korwil 3 Harap Mahasiswa-Mahasiswi Segera Urus Surat Pemberitahuan Pindah Memilih

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Divisi Kajian Strategi dan advokasi Himapol Indonesia Korwil 3, Rozi Pararozi berharap mahasiswa-mahasiswiasal luar Kota Pontianak untuk segera mengurus surat pemberitahuan pindah memilih ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) asal atau tujuan.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan dan melindungi hak pilih para mahasiswa yang berasal dari luar Kota Pontianak agar hak pilihnya tetap bisa digunakan pada saat hari pemungutan suara pada 17 April mendatang.

"Untuk persyaratan administrasi pindah memilih ini terbilang mudah. Cukup membawa e-KTP ke KPU asal atau tujuan. Kemudian, KPU akan membuatkan formulir pemberitahuan atau form A-5 sebagai bukti pindah memilih, setelah memastikan bahwa yang bersangkutan terbukti terdaftar di DPT daerah asal," terangnya kepada tribunpontianak.co.id, Kamis (14/2/2019).

Baca: Diduga Miliki Narkoba, Pasutri Diamankan Tim Merpati Polres Singkawang

Baca: Jelang Debat Capres dan Cawapres jilid 2, HMI Komisariat Syariah Minta Warga Net Tak Terprovokasi

Baca: Pengen Beri Surprise di Hari Valentine?  Pesan Lewat Empat IG Berikut

Setelah yang bersangkutan dipastikan sudah menempuh proses administrasi pindah memilih, kata dia, maka data pemilih di tempat asal yang bersangkutan akan dihapus. Dan dimasukan di dalam Daftar pemilih tambahan (DPTb).

"Apalagi saat ini KPU sudah melalukan upaya jemput bola dengan membuka posko pelayanan pindah memilih di kampus-kampus yang ada di kota pontianak ini," imbuhnya.

Ia menganggap langkah KPU sangat membantu dan mempermudah kawan-kawan mahasiswa yang ingin mengurus administrasi pindah memilih tanpa harus mendatangi KPU asal atau tujuan.

"Hanya saja, saat ini bagaimana kesadaran dari mahasiswa yang berasal dari luar kota pontianak untuk segera mungkin mendatangi posko pelayanan pindah memilih atau langsung ke KPU tujuan untuk mengurus administrasi pindah memilih tersebut," jelasnya.

Ia juga berharap jangan sampai mahasiswa yang notabene sebagai agen perubahan lantas tidak peduli akan hak pilihnya apalagi seakan-akan apatis. Tentu hal tersebut sangat disayangkan apabila terjadi.

"Sebagai seorang mahasiswa yang juga generasi selanjutnya, sudah seharusnya ikut berkontribusi dan menyukseskan pemilu serentak 2019 ini terutama dengan menggunakan hak pilih pada saat pemungutan suara 17 April mendatang," tukasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved