Breaking News:

Sah! Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim

Acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan yang langsung dipimpin Jokowi.

Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dan Fachrori Umar 

Sah! Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Rabu (13/2/2019). 

Pada acara tersebut, Jokowi juga melantik Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar menjadi Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola yang kini berstatus narapidana dengan hukuman 6 tahun penjara karena kasus korupsi.

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor 16/P/2019 dan Keppres Nomor 16/P/2019 tentang Pengesahan Penetapan Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Jambi.

Baca: Stikes Yarsi Pontianak Jadi Tuan Rumah Workshop Item Review AIPNI Regional XI Kalimantan.

Baca: Tjhai Chui Mie Ajak Panitia Cap Go Meh dan Warga Sambut Tamu dengan Keramahan dan Sikap Baik

Sebelum mereka dilantik, ketiganya menerima petikan keputusan dari Presiden di Istana Merdeka dan melakukan kirab yang dipimpin Presiden Jokowi menuju ke Istana Negara, Rabu (13/2/2019).

Para kepala daerah itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kedua gubernur tersebut di atas Alquran yang dipegang oleh rohaniawan.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi yang diikuti kedua gubernur dan wakil gubernur tersebut.

Acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan yang langsung dipimpin Jokowi.

Tampak hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri ATR Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Ketum PPP Romahurmuziy, Ketua DPD Osman Sapta Odang, Ketum Nasdem Surya Paloh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, serta Menhub Budi Karya Sumadi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Presiden Jokowi Resmi Lantik Khofifah-Emil dan Fachrori Umar

Editor: Jamadin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved