MUI Kalbar Keluarkan Himbauan Tentang Perayaan Valentine Day

Tak terkecuali di Indonesia, sebagian orang khususnya para remaja ikut merayakan Valentine Day dengan berbagai bentuk seperti pesta

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/David Nurfianto
Sekretaris Dewan Pimpinan MUI Kalbar, Dr. Zulkifli Abdillah, MA 

MUI Kalbar Keluarkan Himbauan Tentang Perayaan Valentin Day

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat mengeluarkan beberapa himbauan tentang perayaan valentin day, Rabu (13/2/2019).

Sekretaris Dewan Pimpinan MUI Kalbar, Dr. Zulkifli Abdillah, MA mengatakan bahwa 
secara umum, setiap tanggal 14 Februari di berbagai belahan dunia diadakan perayaan Valetine Day atau biasa disebut sebagai Hari Kasih Sayang.

"Tak terkecuali di Indonesia, sebagian orang khususnya para remaja ikut merayakan Valentine Day dengan berbagai bentuk seperti pesta, saling memberi hadiah, dan sebagainya," ujar Zullifli berdasarkan rilis yang diterima Tribun.

Dimana MUI menilai perayaan Valentine Day, tak jarang dianggap sebagai moment untuk mewujudkan kasih sayang dalam bentuk melakukan hubungan seks bebas di luar nikah.

Baca: Nasi Goreng Mamas, Alternatif Pilihan Menu Makan Malam  

Baca: TERPOPULER - HASIL Akhir Persija Vs Newcastle Jets, Zodiak, Hingga Jadwal Persib Bandung Vs Arema FC

Baca: Kalbar 24 Jam - Pembobol Kotak Amal Masjid Terekam CCTV, Paparan Sutarmidji, Hingga Temuan Mayat

Atas dasar hal tersebut, Dewan Pimpinan MUI Kalbar menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Agama Islam adalah agama yang mengajarkan kasih sayang kepada sesama umat manusia bahkan sebagai rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil ‘alamin). Salah satu ajarannya adalah agar memulai segala aktivitas dengan mengucapkan basmasalah, yang di dalamnya terkandung makna untuk beraktivitas didasari dengan niat beribadah kepada Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Oleh karena itu, umat Islam seharusnya menunjukkan kasih sayang kepada sesama manusia dalam setiap aktivitasnya tanpa ditentukan moment pada hari tertentu saja.

2. Menghimbau kepada semua umat Islam untuk tidak merayakan Valentine Day dengan cara-cara yang menyimpang dari atau bertentangan  dengan ajaran Islam seperti pesta hura-hura, seks bebas dan sebagainya. 

Baca: RAMALAN ZODIAK Rabu (13/2), Ini Hari Istimewa Aries, Karier Sagitarius: Tuliskan Ide Cemerlang Kamu!

Baca: PREDIKSI SKOR Tottenham Vs Dortmund: Head to Head & Link Live Stream Babak 16 Besar Liga Champions

Baca: 20 Atlet Sepeda Kalbar Siap Jalani Tes Tim Pra PON

Baca: Raisa Dikabarkan Telah Melahirkan, Wajah Buah Hati Mereka Jadi Teka-teki

Baca: BREAKING NEWS - Satpol PP Ciduk Pasangan Lagi Ngamar, 2 Diantaranya Masih Dibawah Umur

3. Menghimbau kepada para orang tua muslim untuk memberikan pembelajaran tentang nilai-nilai kasih sayang dalam agama Islam dan mengawasi putra-putrinya agar tidak terlibat dalam perayaan Valentine Day yang menyimpang dari atau bertentangan dengan ajaran Islam. 

4. Menghimbau kepada masyarakat umum agar tidak terjebak pada pemaknaan dan praktik keliru atas budaya luar yang tidak sesuai dengan norma-norma agama, hukum, masyarakat dan kesusilaan.

5. Meminta kepada pemerintah, khususnya aparat keamanan untuk proaktif melakukan tindakan preventif agar tidak terjadi perilaku yang bertentangan dengan norma-norma agama, hukum, masyarakat dan kesusilaan khususnya dalam konteks Valentine Day.

Baca: Yuk, Makan Siang di Rumah Makan Pak Abu Sanggau    

Baca: BREAKING NEWS - Satpol PP Ciduk Pasangan Lagi Ngamar, 2 Diantaranya Masih Dibawah Umur

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved