Deni Nuliadi: Posko Pelayanan Pindah Memilih Akan Dimaksimalkan Hingga H-30 Jelang Pencoblosan

Kita menyadari banyak sekali pemilih yang kita prediksikan pindah memilih. Kalau dekat waktu baru kita mulai khawatir tidak dilayani

Deni Nuliadi: Posko Pelayanan Pindah Memilih Akan Dimaksimalkan Hingga H-30 Jelang Pencoblosan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ YOUTUBE
Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi 

Deni Nuliadi: Posko Pelayanan Pindah Memilih Akan Dimaksimalkan Hingga H-30 Jelang Pencoblosan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - KPU Kota Pontianak membuka posko untuk para pemilih dari luar Pontianak mengurus surat pemberitahuan pindah memilih, di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan), Rabu (13/02/2019).

Ketua KPU Kota Pontianak, Deni Nuliadi mengatakan program posko pindah memilih ini akan dimaksimalkan KPU Kota Pontianak hingga H-30 menjelang hari pencoblosan.

"Kita menyadari banyak sekali pemilih yang kita prediksikan pindah memilih. Kalau dekat waktu baru kita mulai kan khawatir tidak dilayani. Jadi kita sejak awal sudah bergerak," ujarnya.

Baca: BREAKING NEWS - Satpol PP Ciduk Pasangan Lagi Ngamar, 2 Diantaranya Masih Dibawah Umur

Baca: Finalis Adek Duta Kuliner Kalbar 2019 Saat Tampil di Malam Grandfinal Pontianak Food Festival

Baca: 5 Orang Digerebek Dalam 1 Kamar Kos, Ini Alasan Mereka

Hingga saat ini kata dia, antusiasme masyarakat yang mengurus surat pemberitahuan pindah memilih sangat baik.

"Baik yang mengunjungi posko jemput bola, maupun yang langsung datang ke kantor KPU kota Pontianak, atau ke kantor Kelurahan masing-masing," ujarnya.

Program posko pindah memilih jemput bola baru dilakukan pihaknya pada pemilu 2019 kali ini.

"Sebab, pada pemilu 2014, tertulis dalam peraturan KPU bahwa masyarakat yang mengurus surat pindah memilih harus mengurus di daerah asal, hingga adanya surat edaran boleh mengurus di KPU tujuan menjelang hari-H pencoblosan," terang Ketua KPU Kota Pontianak.

Kalau yang sekarang kata Deni, dalam Peraturan KPU sekarang, sudah jelas tertulis membolehkan orang pindah memilih mengurus di KPU tujuan.

Ketua KPU Kota Pontianak, Deni Nuliadi menjelaskan, memasuki tahapan melayani daftar pemilih tambahan dalam pemilu 2019.

"Untuk melayani daftar pemilih ini, KPU Kota Pontianak menyadari kita tidak bisa diam duduk di kantor. Kita harus melakukan jemput bola, melakukan sosialisasi," terangnya.

Posko di Untan kata Deni, sudah dibuka dari seminggu yang lalu. KPU Kota Pontianak berkeliling di seluruh Fakultas milik Untan, dimulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.

"Tak hanya di Untan, pihaknya juga membuka posko di beberapa instansi pemerintah maupun perusahaan swasta. Kegiatan ini sendiri telah berlangsung dalam beberapa minggu," ujar Deni Nuliadi.

Dari beberapa bulan yang lalu KPU Kota Pontianak telah menyurati seluruh perguruan tinggi yang ada di Pontianak, begitu juga instansi vertikal pemerintahan, BUMN, maupun perusahaan swasta yang berpotensi pindah memilihnya itu cukup besar.

"Salah satunya fakultas-fakultas di Untan yang sudah kita surati, kemudian memberi respon untuk mempersilahkan kita membuka posko pendataan DPTB (daftar pemilih tambahan) di kampus mereka," tutur Deni Nuliadi.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved