Pemilu 2019

APK Tak Sesuai Aturan, Maryadi: Jangan Sampai Bawaslu Terlihat Abai

Maryadi Sirait mengatakan jangan sampai Bawaslu terlihat abai dalam menegakan keadilan pemilu dalam hal ini.

APK Tak Sesuai Aturan, Maryadi: Jangan Sampai Bawaslu Terlihat Abai
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Kajian dan Advokasi Masyarakat Pokja Rumah Demokrasi Kalbar, Maryadi Sirait 

APK Tak Sesuai Aturan, Maryadi: Jangan Sampai Bawaslu Terlihat Abai

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Terkait Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai aturan belum di tertibkan,  Ketua Kajian dan Advokasi Masyarakat Pokja, Maryadi Sirait mengatakan jangan sampai Bawaslu terlihat abai dalam menegakan keadilan pemilu dalam hal ini.

"APK yang tidak sesuai aturan harusnya di tertibkan, karena permasalahan pelanggaran yang paling krusial pada saat tahapan kampanye adalah banyak APK peserta pemilu yang tidak sesuai aturan," ujar Maryadi saat dihubungi Tribun, Rabu (13/2/2019).

Maryadi menilai jika di buat suatu ranking berbagai macam pelanggaran, bisa di katakan pelanggaran APK paling banyak di lakukan.

Baca: Stikes Yarsi Pontianak Jadi Tuan Rumah Workshop Item Review AIPNI Regional XI Kalimantan.

Baca: Usai Dibantai PSG di Liga Champion, Manchester United Harus Hadapi Chelsea dan Liverpool

Baca: Pemilu 2019, Pelanggaran APK Masih Mewarnai Masa Kampanye di Kabupaten Mempawah

"Maka dari itu bawaslu dalam hal ini jangan sampai terlihat abai, jika ada pelanggaran APK yang tidak sesuai aturan segera di tertibkan," imbuhnya.

Katakanlah, lanjut Maryadi maraknya APK yang terpasang  dizona-zona yang terlarang. Menurutnya Bawaslu harus cepat mengambil tindakan penertiban.

"Zona terlarang yang di maksud adalah wilayah pemasangan yang sesuai PKPU, Perbawaslu dan SK KPU tentang Zona pemasangan APK," terangnya.

Maryadi menambahkan, bahwa APK dilarang dipasang di Tempat ibadah termasuk halaman, Rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, Gedung milik pemerintah, dan Lembaga pendidikan (gedung dan sekolah).

"Itu contoh tempat-tempat yang di larang dalam pemasangan APK peserta pemilu 2019. Saya rasa Bawaslu harus jeli dalam hal ini," tegasnya.

Selain itu, Maryadi mengimbau peserta pemilu juga harus menjaga nama baiknya sebagai peserta pemilu.

"Jangan sampai dengan tindakan yang melanggar aturan, katakanlah seperti APK dapat merusak kepercayaan masyarakat, saya rasa itu juga perlu di perhatikan," pungkas Maryadi.

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved