Muhyiddin: UMKM Kalbar Tumbuh Dengan Pesat dan Siap Bersaing

Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Muhyiddin, M.Si. mengatakan jumlah UMKM Kalimantan Barat sangat bertumbuh dengan pesat.

Muhyiddin: UMKM Kalbar Tumbuh Dengan Pesat dan Siap Bersaing
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MAUDY ASRI GITA UTAMI
Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Muhyiddin, M.Si. 

Muhyiddin: UMKM Kalbar Tumbuh Dengan Pesat dan Siap Bersaing

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Muhyiddin, M.Si. mengatakan jumlah UMKM Kalimantan Barat sangat bertumbuh dengan pesat.

"UMKM kita secara keseluruhan jumlahnya cukup besar, ini yang baru terdaftar di kita ada sekitar 8000-9000 yang tersebar di Kalimantan Barat," ujarnya.

Melihat tumbuh kembang pasar, potensi yang berkembang itu sangat besar, karena UMKM kita tidak terpengaruh oleh gejolak yang ada saat ini.

Baca: Empat Kakek yang Diduga Melakukan Tindak Pidana Perjudian Diamankan Polres Ketapang

Baca: Relawan Go Prabowo Sandi Milenial di Kuala Lumpur Gelar Deklarasi Nasional

Baca: LIVE STREAMING RCTI Persib Bandung Vs Persiwa Wamena, Dua Pemain Persib Absen di Laga Penentu

Dengan demikian, Lanjutnya, problematika yang menghambat UMKM kita adalah akses permodalan, kemudian penguasaan terhadap IT atau teknologi yang lemah.

"Tuntutan sekarang, yang menjadi pembahasan kita yaitu bagaimana UMKM bisa ikut dalam kancah perkembangan teknologi, sehingga dia harus menguasai alat yang berkenaan dengan alat yang harus dia gunakan untuk pemasaran," papar Muhyiddin.

Sehingga, Muhyiddin mengatakan dengan perkembangan teknologi ini, sebagai jajaran dinas ataupun pemerintah terkait berupaya melakukan bimbingan teknis, pelatihan dan lain sebagainya.

"Jadi respon saat ini dari masyarakat yang kita berikan pelatihan itu cukup antusias. Walaupun kita terbatas dengan pendanaan tetapi kita melakukan seleksi yang prioritas, dimana kita mencari UMKM yang memang membutuhkan," ujarnya.

"Saat ini kita juga bekerjasama dengan kabupaten dan kota, UMKM yang sudah terdaftar ini kita latih dan sangat terbatas jumlah yang kita beri pelatihan," sambungnya.

Muhyiddin mengatakan, pelatihan yang di laksanakan untuk UMKM itu di jajaran dinas koperasi di wadahi melalui balai latihan koperasi dan pelatihan yang ada di PLUT dan dinas melalui Bintek sosialisasi dan lainnya untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM yang ada.

"UMKM menjadi tanggung jawab kita semua, karena pengembangan ini juga terkait taraf kehidupan ekonomi yang lebih baik, kita tetap melakukan seperti seminar, diskusi, pelatihan dan sebagainya. Dinas terkait juga akan terus mengajak bekerjasama agar UMKM Kalbar termotivasi dan menjadi lebih baik lagi, mengingat jumlah ini sangat banyak di Kalimantan Barat," pungkasnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved