DPW PKS Jakarta Tuding Gerindra Lakukan Politisasi Soal 3 Kandidat Wagub DKI

Toh nanti sudah melalui fit and proper test dan itu juga orang-orangnya juga bukan orang sembarangan

(KOMPAS.com/NURSITA SARI)
(kiri ke kanan) Tiga kandidat wakil gubernur DKI Jakarta, Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu, dan Abdurrahman Suhaimi di sela uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang digelar di Hotel Aston, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (27/1/2019). 

DPW PKS Jakarta Tuding Gerindra Lakukan Politisasi Soal 3 Kandidat Wagub DKI 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Humas DPW Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) DKI Jakarta Zakaria Maulana Alif meyakini tiga kandidat wakil gubernur DKI yang diajukan pihaknya, cukup berkualitas.

Ia menjawab penilaian dari Wakil Ketua DPD  Gerindra DKI Jakarta sekaligus anggota tim panelis fit and proper test Syarif soal kekurangan ketiga kandidat.

"Toh nanti sudah melalui fit and proper test dan itu juga orang-orangnya juga bukan orang sembarangan," ujar Zakaria ketika dihubungi, Jumat (8/2/2019).

Zakaria menduga kritikan Syarif terhadap ketiga kandidat serta kemungkinan tak lulus hanya politisasi dari Gerindra. Sebab, ketiga kandidat yang dipilih PKS sudah memenuhi kriteria sebagai pengganti Sandiaga Uno.

"Unsur-unsur masing-masing sudah mewakili. Ada misalnya yang berlatar belakang yang mengerti tentang keuangan dan anggaran. Terus kemudian yang satu ada unsur dari DPRD," kata Zakaria.

Baca: Gerindra Nilai Tiga Kandidat Wagub DKI Dari PKS Kurang Paham Masalah Perkotaan

Baca: Petugas Evakuasi Bom 150 Kg, Bandara di Roma Terpaksa Tutup Sementara

Zakaria mengingatkan komitmen Gerindra terkait cawagub. Ia menyebut proses pemilihan wagub DKI akan mempengaruhi proses Pilpres.

"Gerindra harus (komitmen) dong. Kita di pencapresan kita sudah luar biasa. Kalau nggak saling mendukung ya gimana," ujar Zakaria.

Proses fit and proper test untuk tiga cawagub masih terus berlangsung. Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif mengkritik kompetensi para kandidat dari fit and proper test yang sudah digelar pekan sebelumnya.

Syarif menilai tak ada kandidat yang punya kemampuan membangun relasi dengan DPRD serta menguasai masalah perkotaan.

Gerindra dan PKS sendiri akan melaksanakan proses lanjutan yaitu focus group discussion (FGD) antara pakar dan cawagub malam ini. Hasil dari FGD tersebut akan diserahkan ke partai pada Minggu (10/2/2019). (*)

Artikel ini telah terbit di kompas.com dengan judul PKS Sebut 3 Cawagub DKI yang Dipilih Bukan Orang Sembarangan

Tags
Wagub DKI
Editor: Rihard Nelson Silaban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved