Setelah Raih Penghargaan, Komunitas Sungai Putat Adakan 4 Program Kerja di Tahun 2019

Setelah mendapakatkan penghargaan dari PUPR tahun lalu, Komunitas Kreasi Sungai Putat Pontianak

Setelah Raih Penghargaan, Komunitas Sungai Putat Adakan 4 Program Kerja di Tahun 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MAUDY ASRI GITA UTAMI
Relawan Komunitas Sungai Putat Bahas Rembug Lanjutan Unit Usaha Rumah Kompos 

Setelah Raih Penghargaan, Komunitas Sungai Putat Adakan 4 Program Kerja di Tahun 2019

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Setelah mendapakatkan penghargaan dari PUPR tahun lalu, Komunitas Kreasi Sungai Putat Pontianak (KSP) kembali menggelar program "Sutan Betapa (Sungai Putat Bersih dan Tanpa Sampah)", Kamis (7/2/2019).

Ketua Kreasi Sungai Putat (KSP), Syamhudi mengatakan ada beberapa program yang akan terus dikembangkan terutama masalah parit bersih bebas dari sampah untuk di tahun 2019.

"Ini merupakan program lanjutan, dari gerakan dan pengelolaan yang sudah kita lakukan di tahun lalu," ujarnya.

Baca: Seorang Pemuda Terpaksa Berurusan Hukum Lantaran Maling Jemuran dan Karpet di Pustu

Baca: Sidang Korupsi, Eks Dirut Pertamina Pertanyakan Perhitungan Kerugian Negara Capai Rp 568 Miliar

Baca: Peringkat Pertama di Kalbar, Satgas Saber Pungli Landak Raih Penghargaan

Ia juga menjelaskan, empat program itu diantaranya Yok Ngompos diamana akan ada sosialisasi pengurangan pemanfaatan wadah sekali pakai, sosialisai pemamfaatan sisa pakai organik, pendataan keterlibatan, pembagian komposter, tinjauan berkala proses pengomposan(pendampingan), panen kompos dan pemanfaatan (media tanam & dijual) untuk dihasilkan kembali.

Selanjutnya, program kedua dinamakan Masih Soal Paret dimana kegiatan ini adalah cuci paret, pemasangan keramba penghalau sisa pakai, pendataan biodata paret, panen tanah sidementasi, penghitungan berkala kwalitas paret, juga pemasangan benner himbauan.

"Ada sekitar 135 rumah yang ikut turun dalam kegiatan kita ini, dimana semua akan berperan aktif demi kerjasama dan kebersihan lingkungan bersama," ucap Syamhudi.

Ketiga, program KSP adalah Ruang Bahagia dimana kegiatan ini diisi dengan akan terbentuknya taman bunga di sempadan paret, adanya fasilitas bermain anak-anak di paret, alternatif income masyarakat dan ketersedian creative space bagi masyarakat.

Dikatakannya program keempat KSP adalah memenuhi Target dan Saya, dimana akan terwujudnya sungai putat yang bersih dan asri, paret bersih dengan aneka ragam biodata, serta sasaran partisipasi priode pertama komunitas ibu-ibu sungai putat.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved