Pileg 2019

Bawaslu Tertibkan APK, Ini 5 Jalan di Kota Pontianak yang Harus Steril Sesuai Perwa

Bawaslu Kota Pontianak kembali menertibkan APK yang terpasang di billboard, ruas Jl Tanjung Pura Pontianak, pada Rabu (06/02/2019).

Bawaslu Tertibkan APK, Ini 5 Jalan di Kota Pontianak yang Harus Steril Sesuai Perwa
TRIBUN PONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Bawaslu Kota Pontianak melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di Jl Tanjung Pura Pontianak, Rabu (06/02/2019) kemarin 

TRIBUNPONTIANAK,.CO.ID, PONTIANAK - Bawaslu Kota Pontianak kembali menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di billboard, ruas Jl Tanjung Pura Pontianak, pada Rabu (06/02/2019). Bawaslu juga mengingatkan agar peserta Pemilu untuk taat aturan.

"APK ini berdasarkan hasil pengawasan dari Panwas Selatan dan PPDK, setelah mendapat laporan kita proses di tingkat kota. Kemudian, kita lakukan penurunan pada hari ini (kemarin-red)," kata Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Lembaga Bawaslu Pontianak, Irwan Manik Radja.

Penertiban tersebut, lanjutnya, sudah sesuai dengan SK 77 terkait lokasi pemasangan APK. Peraturan Wali Kota (Perwa), ada lima jalan yang dilarang pemasangan APK, yakni Gajah Mada, Tanjung Pura, Ahmad Yani, Veteran dan Pahlawan.

Baca: DPR dan DPD RI Dukung Jatah Menteri dari Kalbar, Ini Posisi yang Cocok?

Sebelumnya, ia juga mengimbau kepada peserta Pemilu untuk patuh aturan. Hal itu, terkait pemasangan APK khususnya di lima ruas jalan protokol tersebut. Terlebih, Bawaslu juga sudah menertibkan APK di lima ruas jalan tersebut pekan lalu.

Ia pun mengungkapkan, surat pemberitahuan untuk penertiban APK telah dikirimkan ke peserta Pemilu. Karena, APK tak kunjung diturunkan atau dipindahkan ke lokasi lain, Bawaslu Kota Pontianak menertibkan APK tersebut.

Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menerangkan jika penertiban yang dilakukan Bawaslu terkait lima jalur protokol yang telah diatur dalam SK KPU telah sesuai dengan aturan yang ada.

"Jelas memang disebutkan di SK KPU Pontianak terkait lokasi pemasangan APK bahwa di Pontianak ada lima jalan yang tidak diperkenankan memasang APK, yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Tanjung Pura, Jalan Veteran dan Jalan Pahlawan," kata Deni.

Baca: KPU Ketapang Gelar Media Gathering, Ini Yang Dibicarakan

"Ini sudah berulang kali bahkan beberapa hari yang lalu dikoordinasikan ke LO Parpol dan Bawaslu, agar lima kawasan ini benar-benar tidak boleh ada pemasangan APK di luar dari area itu dipersilakan asal memenuhi ketentuan perundang-undangan," timpalnya.

Deni pun menerangkan, untuk APK yang masih terpasang di lima jalan tersebut sudah dikoordinasikan ke LO agar ditertibkan sebelum Bawaslu melakukan penertiban. Karena jika swadaya menertibkan oleh parpol, kata dia, APK tersebut bisa digunakan di tempat lain.

"Mekanisme penertibannya dilakukan Bawaslu Kota tentunya berkoordinasi dengan Pol PP sebab berkaitan dengan Perda ketertiban Umum dan SK Wali Kota, dan berdasarkan PKPU dan Perbawaslu 28 tahun 2018 juga mengatakan bahwa Bawaslu bisa langsung menertibkan, menyurati Parpol dan berkoordinasi dengan Bawaslu untuk penertiban APK yang keliru," tukasnya.

Baca: OSO: Orang yang Ingin Saya Mundur, Mereka Penghianat

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved