Tekanan Inflasi Kalbar Menurun, Waspadai Komoditas Bahan Makanan Berikut

Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Kalimantan Barat Januari 2019 tercatat sebesar 0,66 persen

Tekanan Inflasi Kalbar Menurun, Waspadai Komoditas Bahan Makanan Berikut
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
suasana di salah satu pasar tradisional di Kota Pontianak 

Tekanan Inflasi Kalbar Menurun, Waspadai Komoditas Bahan Makanan Berikut

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Kalbar merilis pada awal 2019, tekanan harga di Provinsi Kalimantan Barat relatif menurun. Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Kalimantan Barat Januari 2019 tercatat sebesar 0,66 persen (month to month/mtm).

Secara tahunan inflasi IHK Kalimantan Barat tercatat sebesar 4,05 persen (year on year/yoy), atau Ieblh rendah dibandingkan dengan Desember 2018 sebesar 3,85 persen (yoy). Meskipun tekanan harga secara umum menurun, namun harga beberapa komoditas bahan makanan terpantau masih cukup tinggi.

Sotong, daging ayam ras dan telur ayam ras menjadi pendorong inflasi pada Januari 2019 di Kalimantan Barat. inflasi IHK di Kalimantan Barat berada dalam remang sasaran inflasi nasional sebesar 3,5 +-1 persen (yoy).

Kenaikan harga sotong disebabkan oleh cuaca ekstrem di lautan yang mempengaruhi pasokan. Adapun kenalkan harga daglng ayam ras dan telur ayam ras Ieblh dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan menjelang perayaan Imlek.

Di sisi lain, penurunan harga BBM non subsidi pada awal tahun serta turunnya harga sawi hijau dan bayam memadl penahan Iaju inflasi Iebih lanjut.

Menjelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh pada Februari, tekanan harga diperkirakan masih terjadi namun pada tingkat yang lebih terkendali.

Terdapat beberapa resiko inflasi yang perlu diperhatikan yantu masih relatif ekstremnya kondisi cuaca serta terjadinya bencana alam di sentra produksi bahan makanan yang dapat berpengaruh terhadap pasokan bahan makanan.

Dalam rangka pengendalian inflasi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Barat akan terus memperkuat koordinasi kebijakan.

Baca: Lion Air Bungkam Soal Protes Asperindo yang Hentikan Pengiriman Barang lewat Udara

Baca: VIDEO DRONE: Pesta Kembang Api Tahun Baru Imlek 2570 di Jalan Gajahmada

Baca: Deklarasikan Relawan Bravo Cijantung Dukung Jokowi, Agum Gumelar Tepis Kopassus Identik Prabowo

Yuk follow instagram Tribun Pontianak

Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved