Prihatin Minat Baca Rendah, Pemuda Desa Makrampai Dirikan Rumah Baca

Ini berawal dari keprihatinan kita kepada rendahnya minat baca. Untuk itu, saya berinisiatif mendirikan rumah baca ini

Prihatin Minat Baca Rendah, Pemuda Desa Makrampai Dirikan Rumah Baca
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Inisiator pendirian rumah baca Pustaka Ceramut, Bima Sakti. 

Prihatin Minat Baca Rendah, Pemuda Desa Makrampai Dirikan Rumah Baca

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Pemuda Desa Makrampai berinisiatif mendirikan rumah baca di Desa Makrampai, Kecamatan Tebas.

Salah satu inisiator pendirian rumah baca, Bima Sakti mengatakan, inisiatif untuk mendirikan rumah baca ini berawal dari keprihatinan dirinya karena semakin menurunnya minat baca di kalangan anak-anak  bahkan remaja. 

"Ini berawal dari keprihatinan kita kepada rendahnya minat baca. Untuk itu, saya berinisiatif mendirikan rumah baca ini," ujarnya, Minggu (3/2/2019).

Baca: Masyarakat Minta Pemerintah Kawal Ketat Proyek Tak Gunakan Material Berizin

Menurutnya, penurunan minat baca itu lantaran semakin meningkatnya teknologi yang dapat membuat anak-anak sibuk sendiri dengan gadgetnya dan malas untuk membaca buku.

Oleh karenanya, Bima mendirikan rumah baca sederhana dirumahnya, agar dapat digunakan anak-anak dan remaja sebagai taman baca.

"Tempat yang digunakan untuk mendirikan rumah baca sangat sederhana, yakni di rumah sendiri. Dimana rumah baca ini diberi nama Pustaka Ceramut. Dengan slogan “Membaca, Menuju generasi cendekia", bebernya.

Ia menjelaskan, dengan adanya rumah baca tersebut. Maka kegiatan membaca dilaksanakan setiap minggu dengan membuka lapak baca buku gratis. 

Menurutnya, di rumah baca Pustaka Ceramut tidak hanya sekedar membaca dan belajar bersama, tapi juga bermain dan berbahagia bersama-sama. 

Baca: Ledakan Balon Gas di GOR Pangsuma, Sejumlah Kaca Ruangan Pecah

Baca: Balon Gas Meledak di Gor Pangsuma, Dua Orang Alami Luka Bakar

"Saat ini setiap minggu-nya kegiatan lapak baca buku gratis selalu di hadiri oleh anak-anak. Kami berharap kedepannya semakin ramai yang hadir di kegiatan tersebut," ungkapnya.

Bima Sakti juga mengatakan saat ini koleksi buku-buku yang dimilikinya masih sangat terbatas. Untuk itu, ia meminta kepada yang memiliki kelebihan buku atau mau menyumbangkan bukunya ia sangat terbuka menerimanya.

"Kami masih sangat memerlukan bantuan dari para donatur maupun dari berbagai pihak untuk dapat mendonasikan bukunya kepada kami. Karena “1 Buku Darimu Sangat Berarti Bagi Kami". Jadi kepada donatur yang ingin mendonasikan bukunya," harapnya. 

Atau bisa langsung datang ke Dusun Sutera RT 09 RW 05 No. 06 Desa Makrampai, Kecamatan Tebas.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved