Pemilu 2019

Arifidiar Apresiasi Bawaslu Tertibkan APK

Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ir H Arifidiar mengaku mengapresiasi Bawaslu yang telah menertibkan Alat Peraga Kampanye

Arifidiar Apresiasi Bawaslu Tertibkan APK
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ir H Arifidiar MH, Senin (4/2/2019) 

Arifidiar Apresiasi Bawaslu Tertibkan APK

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID. SAMBAS - Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ir H Arifidiar mengaku mengapresiasi Bawaslu yang telah menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai aturan.

"Tadi pagi saya juga sudah mendapatkan kabar baliho besar juga diturunkan. Tapi saya yakin Bawaslu tidak bertindak seperti itu kalau tidak menyalahi aturan," ujarnya, Senin (4/2/2019).

"Saya apresiasi kepada Bawaslu yang rutin mengoreksi, untuk itu saya menyarankan kepada pengawas pemilu agar tetap rutin mengontrol. Jadi ada kasus atau tidak Bawaslu tetap turun," sambungnya.

Baca: Protes Kenaikan Tarif, Asperindo Setop Pengiriman Kargo lewat Udara

Baca: HUT ke 11 Hotel Orchardz Gajahmada Pontianak, Tribun Pontianak Serahkan Kue Ulang Tahun

Baca: Cegah Penganiayaan Pegawai Berulang, ICW Minta KPK Audit Proses Undercover

Menurut ketua DPRD, setidaknya ada dua faktor yang mungkin menyebabkan pelanggaran itu masih terjadi.

Pertama adalah ketidaktahuan caleg itu sendiri, dan yang kedua adalah ketidaktahuan pihak ketiga yang memasang APK, karena tidak mendapatkan arahan sebelumnya.

"Ini saya kira aturan sudah jelas, tapi masih ada pelanggaran. Dan membuat Bawaslu repot menertibkan. Lalu kenapa itu masih terjadi? Sebabnya pertama yang bersangkutan sebagai caleg mungkin tidak mengerti karena saking sibuknya dimasa kampanye lalu lupa membaca aturan," ungkapnya.

"Kedua mungkin Calegnya mengerti, tapi ada jaringan dan tim yang memasang APK tidak mengerti karena tidak di berikan arahan. Nah dua hal itu mungkin bisa menjadi penyebab kenapa terjadi pelanggaran,” jelas Ketua DPRD Kabupaten Sambas.

Kedepannya ia berharap, agar para caleg bisa lebih preventif untuk menegakkan aturan yang ada. Dengan dimulai dari diri sendiri.

"Kepada seluruh caleg juga harus preventif mulai dari kita sendiri. Untuk melihat seperti apa aturan dan Pelaksanaannya," tutupnya. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved