Pileg 2019

Agar Jadi Referensi Pemilih, JaDI Dorong KPU Unggah Data Para Peserta Pemilu di Website

Kami menganggap penting agar KPU segera mengunggah data calon baik DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Presedium JaDI Kalbar, Umi Rifdiwaty dan Misrawi saat menggelar press release di salah satu cafe di Jalan Sungai Raya Dalam Pontianak, Senin (4/2/2019). 

Agar Jadi Referensi Pemilih, JaDI Dorong KPU Unggah Data Para Peserta Pemilu di Website 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalbar mendorong KPU terus menggunggah maupun mempublish data para peserta pemilu di website KPU.

Hal ini lantaran, setelah dicek masih ada beberapa data para peserta pemilu yang belum terunggah.

"Kami mencoba mengamati DCT,  Seperti yang diketahui DCT telah ditetapkan sekitaran Agustus 2018, dan KPU mengumumkan dimedia massa serta telah dilaksanakan. Mengingat pemilu lama, KPU punya kewenangan untuk mengumumkan di portal KPU, namun saat diamati DCT di website KPU dan kanal publikasi. Sampai kemarin pengamatan kami, DCT DPR RI Dapil Kalbar ada yang belum terunggah, begitu juga untuk DPRD Prov. Walaupun pagi dicek kembali sudah diunggah DCT DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota namun belum seluruhnya," kata Presedium JaDI Kalbar, Umi Rifdiwaty, Senin (4/2/2019) saat menggelar press release di salah satu cafe di Jalan Sungai Raya Dalam Pontianak.

Baca: BREAKING NEWS - Terlibat Cek-cok, ES Meninggal Dunia di Komplek Pasar Mawar

Baca: Usai Apel Gelar Pasukan, Kapolda Kalbar Musnahkan Barang Bukti Narkotika Alun-alun Kapuas

Maka dari itu, ia berharap agar DCT DPR sesuai tingkatan diunggah di portal info pemilu menjadi 100 persen.

"Kami JaDI mendorong KPU segera dan terus menerus mengunggah DCT Caleg baik DPR RI, DPRD Prov dan Kab Kota, penting agar masyarakat mengenali para calegnya dan tidak ada istilah ada kucing didalam karung, serta mendapat informasi lebih detail. Walaupun memang ada beberapa calon yang enggan melampirkan data secara detail," ujar Umi Rifdiwaty.

Menurutnya, dengan diunggah, masyarakat dapat informasi lebih banyak tentang caleg dengan info pemilu di portal KPU. Agar menjadi informasi tambahan bagi pemilih.

"Kami menganggap penting agar KPU segera mengunggah data calon baik DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota," tambah Umi Rifdiwaty.

"Dengan diunggah, JaDI berharap agar jadi pertimbangan pemilih, bisa mencari calon alternatif sehingga efeknya golput bisa ditekan dan partisipasi masyarakat menjadi naik," timpal Mantan Ketua KPU Kalbar ini.

Lebih lanjut, ia juga berharap agar kemudian para peserta pemilu dapat melampirkan data detail guna informasi ke masyarakat.

"Kami berharap KPU bisa merilis caleg yang tidak bersedia dokumennya diunggah atau dipublikasi. Atau dikasi penjelasan secara rinci bagi caleg yang tidak bersedia dilampirkan datanya," harap Umi Rifdiwaty.

Diterangkan Umi pula, jika pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan KPU Kalbar terkait hal ini.

"Kami ada koordinasi dengan KPU Prov, tapi ini memang ranahnya yang mengelola KPU pusat, tapi tetap kami berharap KPU secara berjenjang menyampaikan ke KPU RI," tutup Umi Rifdiwaty.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved