Ica Optimis Raih Gelar Duta Kuliner Kalbar, Ini Makanan yang Direkomendasikan dan Harus Dicoba

Pengkang ini dimakan dengan sambal siputt sehingga pengkak memiliki cita rasa tersendiri bagi penikmatnya

Ica Optimis Raih Gelar Duta Kuliner Kalbar, Ini Makanan yang Direkomendasikan dan Harus Dicoba
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Ica Amalia, Finalis Duta Kuliner Kalbar asal Mempawah. 

Ica Amalia Optimis Raih Gelar Duta Kuliner Kalbar, Ini Makanan yang Direkomendasikan dan Harus Dicoba

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Ajang Duta Kuliner 2019 telah memasuki tahap Karantina. Ada 30 pemuda dan pemudi terbaik Kalbar telah menjadi Finalis Duta Kuliner Kalbar.

Ica Amalia (19), satu di antara perwakilan Finalis perempuan yang berasal dari Kabupaten Mempawah mengatakan bahwa dirinya sempat down saat awal pelaksanaan pemilihan duta Kuliner Kalbar ini.

Ica yang berasal dari Mempawah, mengatakan dengan dukungan dari pihak keluarga terutama orang tua, ia akhirnya kembali optimis.

"Sebenarnya saya down kemarin, tapi dukungan dari orang tua saya, kakak dan keluarga serta teman teman saya untuk lanjut, jadi saya lanjut ikut kegiatan ini, sekalian cari penggalaman baru, jadi saya optimis dan percaya diri untuk mengikuti abang adek duta kuliner ini,"ujar gadis muda yang juga pemain Film Tembawang itu.

Baca: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca di Wilayah Kalbar untuk Sabtu dan Minggu 3 Februari 2019

Baca: Kodam XII/Tpr Serahkan Bantuan Sembako dan Obat-obatan di Lokasi Bencana

Iapun turut mengucapkan terima kasih kepada Deki, pelatih dari sanggar Patih Gumantar karena telah mendaftarkan nya ke ajang ini dan memberikan Ica motivasi.

"Terutama kepada pak deki sanggar pati gumentar yang udah ngedaftarin saya di abang adek duta kukiner ini dan memberi motivasi yang kuat ke saya untuk percaya diri bahwa saya bisa,"jelasnya.

Iapun menyebutkan, di Kalimantan Barat sendiri, khususnya dari daerah asalnya yakni Mempawah, terdapat sebuah kuliner yang menurutnya patut di coba oleh masyarakat luar kalbar yakni Pengkang, makanan khas Mempawah.

"Khususnya di Mempawah makanan yang banyak nilai plus nya itu makanan pengkang, yang ada dipeniti itu enders banget,"kata Ica Amalia.

Ica menjelaskan bahwa Pihaknya merupakan kuliner terkenal di Mempawah yang terbuat dari ketan atau pulut sebutan Masyarakat lokal.

Baca: VIDEO - Satpol PP Terlibat Adu Mulut dengan Warga Saat Tertibkan Batas Sempadan Jalan

"Pengkang ini terbuat dari pulut / ketan dan didalamnya diisi dengan udang kecil (ibi) dan cara memasaknya dengan cara dipanggang atau dibakar, lebih unik nya lagi pengkak ini berbentuk segitiga dan dijepit dengan potongan bambu,"papar Ica Amalia.

Yang membuat semakin lezat dan nikmat, dijelaskannya bahwa memakan Pengkang ini dengan di colekkan ke sambal Siput khas warga setempat.

"Pengkang ini dimakan dengan sambal siputt sehingga pengkak memiliki cita rasa tersendiri bagi penikmatnya,"jelas Ica Amalia.

Selanjutnya, tak kalah nikmat, ia menyebutkan bahwa terdapat juga sebuah kuliner yang terkenal di Mempawah gakni

"Ikan asam pedas itu yang terkenalnya ikan asam pedas pak Wahab yang ada di Desa Kuala, itu juga enak karena ikan pak  Wahab ini ikan yang dimasak nya itu ikan asli tangkapan sendiri dan ikan yang masih segar. Beda nya asam pedas pak Wahab dengan ikan asam pedas lain nya kalo ikan asam pedas pakwah ini kuah nya kental dan gurih dimulut," tukas Ica Amalia.

Penulis: Ferryanto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved