TRIBUN WIKI

Ingin ke Selat Karimata Kayong Utara? Berikut Info Dua Jalur Perjalanan

Untuk sampai menuju Pulau Karimata, pengunjung harus menggunakan transportasi air yang dapat ditempuh melalui dua rute yang berbeda.

Ingin ke Selat Karimata Kayong Utara? Berikut Info Dua Jalur Perjalanan
ISTIMEWA
Keindahan Pulau Karimata Kabupaten Kayong Utara 

Ingin ke Selat Karimata Kayong Utara? Berikut Info Dua Jalur Perjalanan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Selat Karimata adalah suatu pulau merupakan salah satu tempat wisata alam yang tidak kalah menariknya dengan wisata lain.

Dimana keadaan alam yang dimiliki Pulau Karimata mempunyai ciri khas tersendiri baik itu tumbuhan dan hewannya. Pulau Karimata ini terletak di Kabupaten Kayong Utara, Jumat (1/2/2019).

Pulau Karimata memberikan berbagai wisata, mulai dari terumbu karang, hutan pantai, hutan mangrove, dan perbukitan tinggi dengan tumbuhan yang terdiri dari berbagai jenis tanaman laut dan tumbuhan pohon - pohon tinggi yang tumbuh di bukit Pulau Karimata.

Baca: Waspada, Gelombang 1,25-2,5 Meter Masih Berpotensi Terjadi di Selat Karimata

Baca: Kapal Yachter Akan Berlabuh di Kayong Utara, Yuliandi: Ini Rangkaian Program Sail Selat Karimata

Cahyo Suwarli, mahasiswa Universitas Panca Bhakti, mengatakan bahwa untuk sampai menuju Pulau Karimata, pengunjung harus menggunakan transportasi air yang dapat ditempuh melalui dua rute yang berbeda.

1.     Melalui Pelabuhan Kakap

Menggunakan kapal motor barang (carter) yang memasok Sembako ke Kepulauan Karimata dengan waktu tempuh 8 jam.

Jika memilih melalui rute ini, selama perjalanan Anda akan beberapa kali singgah pada pulau di Kepulauan Karimata untuk memasok barang dagangan yang dibawa.


2. Perahu Kelotok di Sukadana

Dari Sukadana dapat menggunakan  perahu kelotok selama 12 jam menuju Pulau Karimata.

Perahu kelotok ini tidak setiap hari ada  dan berakses pulang pergi ke kari mata, tetapi hanya 2 atau 3 kali perahu tersebut berangkat.

Dengan lokasi jauh tersebut Wisata Selat Karimata belum terlalu populer, karena akses untuk menuju kesana belum memadai atau sulitnya transportasi untuk sampai ke sana.

Bahkan pada 2016 lalu Kabupaten Kayong  Utara sudah mempromosikan selat karimata dengan acara seil karimata yang puncak acaranya di pulau karimata tersebut, bertujuan untuk memperkenalkan wisata selat karimata kepada para wisatawan.

Selain transportasinya susah dan biayanya mahal untuk menuju kesana, tetapi wisata disana tidak kalah menariknya dengan wisata lain yang ada di indonesia.

Dari pantai dan  bawah laut, wisata selat karimata memberikan keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang hidup disana.

Untuk para snorkeling dan skin diving tidak akan rugi atau kecewa kalau sudah berenang disana dengan keindahan dasar laut yang di berikan.

Dan ada juga hutan mangrive dan bukit yang di tumbuhi berbagai tumbuhan yang hidup di dalamnya. Karena sepanjang selat ini menyuguhkan pesona alam nan istimewa dengan laut biru, pepohonan hijau, dan aneka flora.

Sehingga tumbuhan yang menumbuhi pulau tersebut menambah kecantikan dan keindahan yang dimiliki Pulau Karimata. (*)

Baca: Tahukah Kamu? Hanya Ada Tiga Desa di Kepulauan Karimata

Baca: TRIBUN WIKI : Tak Perlu Pergi Jauh, Nikmati Keindahan Pulau Karimata Kayong Utara Setara Raja Ampat

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Marpina Sindika Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved