BPBD Kalbar Benarkan Informasi Bencana Tanah Longsor di Bengkayang Renggut Korban Jiwa

Saat dikonfirmasi terkait informasi itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar TTA Nyarong

BPBD Kalbar Benarkan Informasi Bencana Tanah Longsor di Bengkayang Renggut Korban Jiwa
ISTIMEWA/FACEBOOK MUJIDI
Tanah longsor di Kabupaten Bengkayang, tiga orang dilaporkan jadi korban. 

BPBD Kalbar Benarkan Informasi Bencana Tanah Longsor di Bengkayang Renggut Korban Jiwa

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Beredar informasi bencana tanah longsor via media sosial di Dusun Medang, Desa Sungkung II, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (31/1/2019) pukul 09:45 WIB.

Dalam postingan yang diunggah oleh akun Facebook (FB) bernama Agus Hery itu, bencana tanah longsor diinformasikan menelan sejumlah korban jiwa dan merusak bangunan rumah.

Saat dikonfirmasi terkait informasi itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar TTA Nyarong membenarkan informasi tersebut.

Baca: BPBD dan Basarnas Segera Terjun ke Lokasi Longsor Bengkayang Bawa Logistik Hari Ini

Baca: Longsor di Sidding, Gidot Beberkan Potensi Relokasi Masyarakat

Screenshot informasi bencana tanah longsor via media sosial di Dusun Medang, Desa Sungkung II, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (31/1/2019) pukul 09:45 WIB. Postingan diunggah oleh akun Facebook (FB) bernama Agus Hery.
Screenshot informasi bencana tanah longsor via media sosial di Dusun Medang, Desa Sungkung II, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (31/1/2019) pukul 09:45 WIB. Postingan diunggah oleh akun Facebook (FB) bernama Agus Hery. (Facebook)

"Saya sudah menerima laporan Kepala BPBD Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalbar. Informasi itu benar," ungkapnya saat dikonfirmasi Tribun Pontianak, Jumat (1/2/2019) pukul 08:37 WIB.

Kebenaran informasi itu, kata dia, tidak hanya didapatkan dari Kepala BPBD Kabupaten Bengkayang. Namun, juga informan-informan lainnya.

"Saya juga sudah terima Informasi itu dari intelijen. Benar itu," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Kabid PK) BPBD Provinsi Kalbar, Eko Suprianto menerangkan berdasarkan informasi yang diterima oleh pihaknya hingga pukul 09:53 WIB, informasi bencana tanah longsor itu benar terjadi.

"Informasi dari Kepala BPBD Kabupaten Bengkayang hingga pukul 09:53 WIB, bencana tanah longsor menelan 3 orang korban jiwa. 1 korban meninggal dunia sudah ditemukan. Dua korban masih tahap pencarian," terangnya.

Di sisi lain, ada sejumlah korban luka-luka selamat yang masih jalani penanganan intensif dari tim reaksi cepat dan tim medis yang lakukan evakuasi di lokasi kejadian bencana tanah longsor.

"Korban luka-luka dalam penanganan. Untuk informasi lebih lanjut bisa konfirmasi ke Kepala BPBD Bengkayang agar lebih jelas," katanya.

Eko menimpali Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Provinsi Kalbar sedang perjalanan menuju lokasi bencana di Bengkayang.

"Ada 4 orang dari tim reaksi cepat kami pergi ke lokasi. Informasinya dari SAR juga mau turun. Kami kaji cepat dulu melalui tim reaksi cepat ini. Nanti setelah dapat infomasi valid baru akan ada koordinasi lanjutan secepatnya dengan TNI, POLRI dan SAR. Perkembangan informasi akan kami sampaikan," tukasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved