Sosialisasi Pemilih Pemula, Martono Sampaikan Mekanisme Pemilih Pindahan

Untuk mendapatkan Form A5, tunjukkan KTP elektroniknya dan salinan bukti sudah terdaftar sebagai pemilih dalam DPT

Sosialisasi Pemilih Pemula, Martono Sampaikan Mekanisme Pemilih Pindahan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M Wawan Gunawan
Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi pemilih pemula KPU Kabupaten Sambas, Kamis (31/1/2019). 

Sosialisasi Pemilih Pemula, Martono Sampaikan Mekanisme Pemilih Pindahan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Jelang perhelatan pemilihan umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas melaksanakan sosialisasi pemilih pemula di SMA Muhamadiyah Sambas.

Adapun isi dari sosialisasi tersebut adalah berkaitan dengan mekanisme pindah memilih bagi pemilih yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dalam kesempatan itu, Komisioner KPU Kabupaten Sambas Martono mengatakan, ada mekanisme yang harus diketahui oleh pemilih jika pemilih yang sudah terdaftar di DPT ingin pindah memilih dikarenakan pekerjaan, sekolah atau lainnya.

Sehingga ia tidak bisa memilih di TPS yang sesuai dengan alamat KTP-E. Adapun langkah-langkah tersebut menurutnya, pertama adalah melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU Kabupaten tempat asal guna mendapatkan surat pemberitahuan pindah memilih atau formulir Model A5 (Form A5).

"Untuk mendapatkan Form A5, tunjukkan KTP elektroniknya dan salinan bukti sudah terdaftar sebagai pemilih dalam DPT paling lambang 30 hari sebelum pemungutan suara," ujar Martono, Kamis (31/1/2019).

Ia menjelaskan, jika nanti pemilih tersebut tidak bisa pulang ke alamat yang sesuai dengan KTP. Maka pengurusan Form A5 dapat dilakukan paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara.

Selanjutnya, jika sudah tercatat di DPT, PPS atau KPU Kabupaten tujuan yang mencatat pindah
memilih pada kolom keterangan DPT.

Maka selanjutnya adalah tahapan untuk menerbitkan surat
keterangan pindah memilih dan menyerahkan satu lembar kepada pemilih dan satu lembar sebagai arsip.

"Kalau sudah berhasil mendapatkan Form A5, akan terdaftar sebagai pemilih tambahan (DPTb) di TPS pada tempat yang mudah dijangkau paling lambat 15 hari sebelum pemungutan suara," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved