Gubernur Anies Baswedan Dapat Tugas Rancang Pembangunan Transportasi Ibu Kota 10 Tahun Mendatang

Kami dapat tugas, saya dapat tugas dalam waktu satu bulan menuntaskan semua ini untuk diajukan ke pemerintah pusat, detail perhitungannya, detail

(Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim)
Wapres Kalla bersama para menteri dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan hasil rapat pengintegrasian transportasi Jakarta 

Gubernur Anies Baswedan Dapat Tugas Rancang Pembangunan Transportasi Ibu Kota 10 Tahun Mendatang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menugaskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyusun rencana pembangunan transportasi di Ibu Kota buat 10 tahun ke depan.

Tugas itu diberikan di akhir rapat soal integrasi transportasi di Jakarta yang dipimpin Jusuf Kalla.

"Kami dapat tugas, saya dapat tugas dalam waktu satu bulan menuntaskan semua ini untuk diajukan ke pemerintah pusat, detail perhitungannya, detail rencananya," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (28/1/2019).

Anies menyampaikan, rencana pembangunan transportasi di Jakarta berarti membangun integrasi antar-moda. Selain itu, pembangunan transportasi juga akan diintegrasikan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) DKI Jakarta.

Baca: Fakta-fakta Siswi SD Melahirkan: Guru Curiga Perut Murid, Kondisi Terkini Bayi & Status Hukum Pelaku

Baca: Babak Baru Golkar Vs Demokrat, Herzaky: Korban Buat Laporan Polisi Dugaan Penyerangan di Rasau

Baca: Sebelum Pacaran dengan Artis M, Hotman Paris Akui Pernah Selingkuh dengan Asisten Pribadinya

Dalam rapat bersama sejumlah menteri dan kepala daerah itu, Anies membeberkan kebutuhan moda transportasi di Jakarta beserta jangkauannya.

Transjakarta, kata Anies, harus menjangkau 2.149 kilometer wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hingga saat ini, transjakarta baru menjangkau 1.100 kilometer wilayah.

"Artinya, armadanya harus ditambah," kata dia.

Anies menyebut moda light rail transit (LRT) harus menjangkau lebih dari 130 kilometer wilayah, sementara moda raya terpadu (MRT) harus dibangun untuk menjangkau 112 kilometer wilayah. Angkutan mikro juga harus tersedia lebih dari 20 ribu kendaraan.

Hal lain yang disampaikan Anies dalam rapat tersebut yakni urgensi pembangunan jalur layang (elevated) kereta api dalam kota.

Halaman
12
Editor: Rihard Nelson Silaban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved