3 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pinjaman Via Fintech

Saat ini, banyaknya peminjaman berbasis online sangat menggiurkan bagi pelaku usaha untuk memenuhi persaingan

3 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pinjaman Via Fintech
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MAUDY ASRI GITA UTAMI
Pengamat Ekonomi dari Universitas Tanjungpura Muhammad Fahmi 

3 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pinjaman Via Fintech

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Mengembangkan potensi bisnis usaha dalam sektor pasar nasional tentu harus menggunakan modal yang cukup. Akan tetapi, banyaknya kendala di lapangan membuat sektor industri harus mampu menutupi setiap masalah.

Saat ini, banyaknya peminjaman berbasis online sangat menggiurkan bagi pelaku usaha untuk memenuhi persaingan. Konsep peminjaman yang terus berkembang terutama dengan bantuan teknologi internet, membuat Fintech Lending atau Peer to Peer(P2P) Lending muncul sebagai salah satu pusat perhatian.

Karena modal merupakan satu bagian yang berbau finansial, maka hal ini tidak akan terlepas dari namanya dorongan internet. Sudah hampir semua diberdayakan oleh internet.

Konsep Financial Technology atau Fintech pun banyak bermunculan. Peminjaman, Pembayaran, sudah banyak menggunakan teknologi internet, yang bisa dikatakan sebagai bagian dari Fintech yang sebenarnya.

Sebagai pengamat ekonomi dari Universitas Tanjungpura, Muhammad Fahmi menjelaskan konsep peer to peer lending atau fintech lending sudah mempengaruhi di pasar industri khususnya di Kalimantan Barat.

"Awalnya itu peer to peer lending, dan sekarang disebut fintech. Semuanya online, serba cepat dan mudah. Jadi, P2P ini atau fintech diakses melalui internet, dari media elektronik yang terhubung internet, tidak jauh berbeda dengan market place," ujarnya.

Baca: Sisir Tiga Titik, Bawaslu Kubu Raya Angkut Ratusan APK Tak Sesuai Aturan

Baca: Disambangi Kader PPSW Borneo, Ini Respon Kepala Perwakilan Ombudsman Kalbar

Baca: Gelar KKM di Desa Rasau Jaya Umum, Ini Kegiatan Mahasiswa Fisip Untan

Baca: Pastikan Identitas Korban, Polisi Identifikasi Mayat Korban Kebakaran di Putussibau

Fahmi mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan jasa fintech atau P2P lending untuk peminjaman:

1. Pastikan tempat peminjaman atau fintech terdaftar di OJK .

Dikatakan Fahmi, sebelum memutuskan untuk meminjam, ada baiknya konsumen peminjam melihat secara detail darimana asal pinjaman tersebut. Apakah memiliki lisensi atau sudah terdaftar di OJK.

Halaman
12
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved