Patroli ke ATM, Polsek Kelam Permai Imbau Waspada Cyber Crime

Daerah cukup lumayan ramai dan kurangnya kewaspadaan bisa saja menjadi penyebab munculnya tindak kejahatan

Patroli ke ATM, Polsek Kelam Permai Imbau Waspada Cyber Crime
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Wahidin
Anggota Polsek Kelam Permai melaksanakan himbauan kepada nasabah di salah satu mesin ATM Bank BRI Unit Kelam Permai di Kecamatan Kelam Permai, Minggu (27/1/2019) pagi. 

Patroli ke ATM, Polsek Kelam Permai Imbau Waspada Cyber Crime 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Untuk memberikan rasa aman dari tindak kriminalitas Anggota Polsek Kelam Permai melaksanakan himbauan kepada nasabah di salah satu mesin ATM Bank BRI Unit Kelam Permai di Kecamatan Kelam Permai, Minggu (27/1/2019) pagi.

Anggota Polsek Kelam Permai Brigpol Slamet Sugiharto melaksanakan kegiatan rutin kepolisian ini untuk mengantisipasi terjadinya suatu tindak kriminalitas yang mungkin saja terjadi serta untuk memberikan himbauan khususnya kepada warga yang sedang bertransaksi melalui ATM untuk lebih waspada.

“Daerah cukup lumayan ramai dan kurangnya kewaspadaan bisa saja menjadi penyebab munculnya tindak kejahatan. Oleh karena itu, kami hadir untuk membantu meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas," ujar Brigpol Slamet Sugiharto.

Baca: Hasil Persib Bandung Vs Persiwa Wamena, Saksikan Secara Langsung (Live) di Link Live Streaming RCTI

Baca: Ramah Tamah di Sintang, Gubernur Kalbar Sampaikan Hal Ini

Baca: Midji Tinjau RSUD Sintang dan Rusunawa, Djarot: Siapkan Administrasi Segera Dilelang

Baca: Banyak Kekurangan, RSUD Ade M Djoen Sintang Sulit Naik Kelas B

Tidak hanya berhenti disitu, Brigpol Slamet juga menghimbau kepada warga yang bertransaksi di mesin ATM agar berhati hati jika melihat seseorang yang kiranya mencurigakan dan segera untuk menginformasikan dan menghubungi Polsek Kelam Permai.

Kapolsek Kelam Permai Iptu Hariyanto mengatakan bahwa cara kerja Pelaku Kejahatan ATM terbilang cukup rapi karena ada pelaku yang berperan sebagai pemandu dalam nomor call centre palsu dan pelaku lainnya berperan sebagai eksekutor di mesin ATM. Pelaku kemudian dengan mudah mentransfer isi tabungan milik korban tanpa disadari oleh korbannya

“Ada modus baru di ATM dengan cara pelaku berpura pura ingin membantu nasabah yang mengalami kesulitan transaksi di ATM, pelaku berpura-pura membantu kemudian ATM korban di tukar dengan ATM pelaku,” ujar Iptu Hariyanto.

Lebih jauh Hariyanto mengatakan bahwa tidak semua warga masyarakat paham menggunakan kartu ATM ketika mendapatkan kesulitan dalam penarikan maupun pengiriman uang melalui mesin ATM, "Hal ini yang terkadang dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk mengambil kesempatan seolah-olah ingin membantu," pungkasnya.

Yuk Follow Instagram Tribun Pontianak

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved