Wakil Bupati Hermanus Tinjau Lokasi Pembangunan Keramba Kepiting di Batu Ampar

Bagaimana masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar hutan desa mempunyai alternatif pendapatan dari hutan,

Wakil Bupati Hermanus Tinjau Lokasi Pembangunan Keramba Kepiting di Batu Ampar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus meninjau calon lokasi pembangunan keramba kepiting di Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Rabu (23/1/2019) 

Wakil Bupati Hermanus Tinjau Lokasi Pembangunan Keramba Kepiting di Batu Ampar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus meninjau calon lokasi pembangunan keramba kepiting di Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Rabu (23/1). Peninjauan ini dilakukan Hermanus bersama tim dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Hermanus melihat langsung bakal lokasi pembangunan keramba kepiting milik warga hutan desa setempat yang akan dibangun dengan dana pinjaman lunak dari Badan Layanan Umum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLU KLHK).

"Selain di Desa Batu Ampar, keramba kepiting juga akan dibangun di Desa Seruat II dan Teluk Nibung. Untuk sementara yang realisasi adalah di Batu Ampar dan Seruat II," ujar Hermanus.

Baca: Jalin Kerjasama, Citra Duani: Hubungan dengan Kejari Ketapang Berjalan Baik

Baca: Bupati Karolin Disambut dengan Meriah Saat Resmikan Pabrik Sawit, Tonton Videonya

Menurutnya pembangunan pembenihan kepiting bakau budidaya di hutan desa Bentang Pesisir Padang Tikar, Kabupaten Kubu Raya, merupakan tindak lanjut setelah Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup menetapkan Hutan Desa Bentang Pesisir Padang Tikar.

Dengan telah adanya penetapan, maka para pemangku kepentingan terkait akan dapat memanfaatkan berbagai potensi yang ada di hutan desa tersebut.

"Salah satu tujuan dari hutan desa ini selain konservasi adalah ekonomi masyarakat. Bagaimana masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar hutan desa mempunyai alternatif pendapatan dari hutan," ungkap Hermanus.

Baca: Lantik 50 ASN, Bupati Atbah: Jangan Terlibat Korupsi

Ia menilai berbagai potensi di hutan desa harus dimanfaatkan dengan optimal, sehingga masyarakat tidak hanya diberikan tugas menjaga dan melestarikan hutan. Namun juga menurutnya mendapatkan peluang untuk memanfaatkan ragam potensi yang terdapat di lingkungan permukimannya sendiri, dengan begitu kesejahteraan warga dapat meningkat.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengapresiasi organisasi Sahabat Masyarakat Pantai atau Sampan yang bersama sejumlah mitra jaringan lainnya telah begitu aktif memberikan perhatian dan berkontribusi nyata memajukan pengembangan Hutan Desa Bentang Pesisir Padang Tikar ini," tuturnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved