Bea Cukai Kalbagbar Gagalkan Pengiriman 58 Ball Lelong ke Pulau Jawa

Saat ini unit K9 juga di libatkan dan petugas P2 masih melakukan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut

Bea Cukai Kalbagbar Gagalkan Pengiriman 58 Ball Lelong ke Pulau Jawa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HADI SUDIRMANSYAH
Puluhan Ball Pakaian Bekas saat di periksa oleh tim K9 DJBC Kalbagbar 

Bea Cukai Kalbagbar Gagalkan Pengiriman 58 Ball Lelong ke Jawa

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dirjen Bea Cukai (DJBC) Kalbagbar berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan Ball pakaian lelong asal Malaysia tujuan Jawa  Minggu (13/1/2019)  Senin (14/1/2019) dini hari.

Puluhan Ball pakaian bekas asal Malaysia tersebut diamankan dari dua truk yang di amankan di dua tempat terpisah di kawasan Kabupaten Mempawah.

Pertama, tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Kepabeanan DJBC Kalbagbar ini mengamankan satu truk Minggu (13/1) tengah malam sekitar pukul 23.40 WIB di kawasan Kecamatan Sui Pinyuh,  Mempawah.

Kedua, tim P2 Kanwil DJBC Kalbagbar kembali mengamankan satu unit truk yang juga membawa puluhan Ball pakaian lelong di kawasan Kecamatan Siantan, Mempawah.

Baca: Telur Gulung Jajanan Kids Zaman 90s di Kota Pontianak

Baca: Jalin Kerjasama, Citra Duani: Hubungan dengan Kejari Ketapang Berjalan Baik

Baca: Tak Masukan OSO di DCT, Suyanto akan Duduki KPU

Kasi Humas DJBC Kalbagbar Ferdinand Ginting menuturkan tertangkapnya 58 Ball pakaian bekas asal malaysia bermula pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat terkait adanya truk yang membawa barang tersebut dari arah Sambas dan Pemangkat menuju Pontianak.

"Infornya kita peroleh  Truk yang bergerak dari arah Sambas dan Pemangkat menuju Pontianak dengan yang membawa muatan BKC jenis MMEA (pakaian bekas asal luar negeri),"kata Ferdinand Ginting,  Rabu (21/1) siang.

Dan kemudian petugas P2 DJBC Kalbagbar melakukan penyelidikan di lapangan dengan membentuk tiga tim yakni Alfa, Bravo dan Kawalan.

"Termonitor tim di lapangan, truk yang membawa pakaian bekas asal Malaysia itu melintasi Kuala Mempawah, kemudian saat tiba di kawasan Sui Pinyuh, truk tersebut kita cegat dan melakukan pemeriksaan dan di temukan puluhan karung atau Ball pakaian bekas," imbuhnya.

"Saat di temukan, sopir truk tersebut tak dapat menunjukan berkas sah terkait muatan yang di bawa, namun saat di intrograsi Supir tersebut menyebutkan dirinya hanya di minta oleh seorang berinsial E untuk membawa barang ini ke Pontianak," tambah kata Kasi Humas ini.

Baca: Wadan Puspenerbad dan Bupati Jarot Sepakat Zona Tiga Sebagai Lokasi Markas Skadron Helikopter AD

Baca: Atbah Minta ASN Sambas Komitmen dan Taat Undang-undang

Selanjutnya Tim Kawalan DJBC Kalbagbar membawa Truck beserta muatan nya ke Kanwil BC Kalbagbar untuk diamankan dan lakukan proses lebih lanjut,

Namun satu hari setelahnya pada Senin (14/1), kembali tim DJBC Kalbagbar yakni tim Alfa dan Bravo kembali mengamankan satu unit truk yang juga membawa puluhan Ball pakaian bekas di kawasan desa Jungkat kec Siantan.

"Masih temuan sama, kemudian truk tersebut kita amankan, dan kemudian dibawa ke Kanwil DJB Kalbagbar di Pontianak untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut,"katanya.

"Saat ini unit K9 juga di libatkan dan petugas P2 masih melakukan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved