Rute Penerbangan Tiga daerah di Kalbar Dikurangi, Anggota DPD RI Harap Garuda Berikan Penjelasan

Berkurangya rute penerbangan perintis dari maskapai Garuda di tiga daerah di Kalbar tentunya akan memberikan dampak terhadap mobilitas

Rute Penerbangan Tiga daerah di Kalbar Dikurangi, Anggota DPD RI Harap Garuda Berikan Penjelasan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID /Hamdan
Anggota DPD RI Kalbar Rubaeti Erlita 

Rute Penerbangan Tiga daerah di Kalbar Dikurangi, Anggota DPD RI Harap Garuda Berikan Penjelasan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Berkurangya rute penerbangan perintis dari maskapai Garuda di tiga daerah di Kalbar tentunya akan memberikan dampak terhadap mobilitas masyarakat yang selama ini mengandalkan moda transportasi udara.

Anggota DPD RI dapil Kalbar Rubaeti Erlita menilai selama ini beberapa rute penerbangan menuju dari pontianak ke Ketapang, Sintang dan Kapuas Hulu cukup diminati oleh masyarakat.

"Saat ini kita semua belum mengetahui apa yang melatar belakangi Garuda Indonesia mengurangi rute penerbangan perintis di tiga daerah tersebut. Tentu itu akan memberikan dampak terhadap mobilitas masyarakat," ujarnya saat dihubungi via telpon, Senin (21/1/2019).

Baca: DPRD Kabupaten Sambas Minta Dinkes Matangkan Persiapan Sebelum Operasional RS Pratama

Baca: Dua Kasat di Polres Singkawang Diganti

Baca: KPU Singkawang Berikan Materi Kepemiluan Pada Relawan Demokrasi

Menurutnya pengurangan penerbangan tersebut tentunya sangat kontraproduktif dengan geliat beberapa daerah di Kalbar yang telah giat membangin infrastruktur pembangunan terminal bandar udara.

Selain sintang, ketapang, dan Kapuas hulu yang telah memiliki bandara udara yang telah operasional, Pemkot Singkawang juga telah bersiap melakukan pembangunan bandara udara.

"Kalau bandar udara sudah dibangun terus tidak didukung dengan rute penerbangan yang memadai tentunya sangat disayangkan," ujarnya.

Ia menuturkan meskipun masih ada maskapai swasta yang masih melayani penerbangan dari Pontianak ke tiga daerah tersebut, namun keberadaan maskapai garuda diharapkan juga dapat memberikan pelayanan. Sehingga tidak ada dominasi dari perusahaan tertentu yang beroperasi di rute-rute perintis di Kalbar.

"Saya harapkan Garuda segera melansir informasi resmi soal alasan pengurangan rute penerbangan sehingga publik dapat mengetahui informasi yang sebenarnya," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved