DPRD Tunggu Jawaban Wali Kota Terkait 5 Raperda dan Pertanyakan Manfaat Bank Kalbar Bagi UMKM

Raperda tentang penambahan penyertaan modal pemerintah daerah pada PDAM Kota Pontianak. Raperda setoran penambahan modal pada Bank Kalbar.

DPRD Tunggu Jawaban Wali Kota Terkait 5 Raperda dan Pertanyakan Manfaat Bank Kalbar Bagi UMKM
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FACEBOOK
Sembilan Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak secara resmi telah menyampaikan pemandangan mereka, terhadap penyampaian pemandangan Wali Kota Pontianak terkait lima rancangan peraturan daerah (Raperda) yang tengah dibahas saat ini pada sidang paripurna pembacaan pemandangan setiap fraksi, Kamis (17/1/2019). 

DPRD Tunggu Jawaban Wali Kota Terkait 5 Raperda dan Pertanyakan Manfaat Bank Kalbar Bagi UMKM 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sembilan Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak secara resmi telah menyampaikan pemandangan mereka, terhadap penyampaian pemandangan Wali Kota Pontianak terkait lima rancangan peraturan daerah (Raperda) yang tengah dibahas saat ini pada sidang paripurna pembacaan pemandangan setiap fraksi, Kamis (17/1/2019).

Kelima Raperda yang dibahas adalah, Raperda terkait dengan perubahan ketiga atas Perda nomor 7 tahun 2014 tentang penambahan penyertaan modal pada PDAM.

Baca: Bahasan Siap Terima Masukan Dari Sembilan Fraksi Terkait Lima Raperda

Baca: Wagub Ria Norsan Jawab Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap 4 Raperda

Baca: 12 Replika Naga akan Dipamerkan H-3 Imlek di Samping Singkawang Grand Mal

Raperda tentang penambahan penyertaan modal pemerintah daerah pada PDAM Kota Pontianak. Raperda setoran penambahan modal pada Bank Kalbar.

Raperda setoran pemambahan penyertaan modal pada Bank Pasar dan Raperta Retribusi perizinan tertentu.

Dari sembilan fraksi yang ada, hampir semua menyetujui pemandangan yang disampaikan oleh Wali Kota Pontianak sehari sebelumnya. Tapi manyoritas meminta pemerintah untuk melakukan kajian bisnis terkait penyertaan modal pada Bank Kalbar dan menuntut adanya peningkatan kualitas pelayanan maupun kualitas air yang dihasilkan PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak.

Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zarin saat diwawancarai menuturkan, dengan selesainya pembacaan pemandangan fraksi maka pihaknya menunggu balasan atau jawaban wali kota.

"Kita tinggal menunggu jawab wali kota kemudian di inventaris misalnya kaitan dengan PDAM pelayanan nya yangg terutama, kemudian kaitan dengan Bank Kalbar, Bank Pasar dan retribusi perizinan untuk dibahas sehingga tak bertentangan dengan aturan diatasnya," ucap Firdaus Zarin, Kamis (17/1/2019).

Firdaus Zarin menegaskan, pihaknya akan menunggu jawaban dari wali kota. Apa pertanyaan dari sembilan fraksi harus di jawab terlebih dahulu baru berikutnya dirapat dengan komisi terkait.

"Kalau sembilan fraksi tadi hampir semuanya menerima misalnya dari fraksi PPP menanyakan informasi adanya tunggakan, kemudian kualitas air PDAM itu nanti secara teknis akan diundang PDAM untuk membahas itu,"tegasnya.

Sedangkan berkaitan penyertaan modal pada Bank Kalbar, kompak semua fraksi meminta adanya penjelasan berapa dividen yang diterima Pemkot, berapa besar kontribusi Bank Kalbar memajukan UMKM Kota Pontianak dan kemana saja lari CSR Bank Kalbar untuk Kota Pontianak.

"Tentu kita berharap sebagai salah satu pemegang saham, harus ada manfaat yang signifikan terutama untuk pendapatan asli daerah (PAD), memberikan kontribusi kemajuan UMKM kita,"tegasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved