Berita Video

Disdukcapil Kalbar Optimis 3 Hari Selesai Untuk Perekaman E-KTP di Lapas dan Rutan

Ia pun menerangkan jika di Lapas dan Rutan menjadi prioritas dalam perekaman E-KTP, maka dari itu diyakini akan selesai dalam waktu ditentukan.

Disdukcapil Kalbar Optimis 3 Hari Selesai Untuk Perekaman E-KTP di Lapas dan Rutan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kadisdukcapil Kalbar, Y Anthonius Rawing optimis pihaknya dapat menyelesaikan perekaman E-KTP di Lapas dan Rutan dalam waktu tiga hari yang diberikan Mendagri.

"Ya untuk mengejar capaian perekaman E-KTP, Mendagri melalui Dirjen sudah mengintruksikan dari 17-19 ini perekaman serentak dan sasaran utamanya di Rutan dan Lapas. Karena selama ini kita lebih fokus ke desa-desa, ke pemukiman-pemukiman, kali ini disasar di Rutan dan Lapas, kita yakinkan semua warga negara punya hak dan legalitas," katanya, Kamis (17/01/2019).

Baca: Masyarakat Ketungau Berbahagia Bupati Sintang Hadir di Perayaan Natal Bersama

Baca: Disdukcapil Bakal Lakukan Perekaman E-KTP di Lapas, Pastikan Hak Pilih Terpenuhi

Ia pun menerangkan jika di Lapas dan Rutan menjadi prioritas dalam perekaman E-KTP, maka dari itu diyakini akan selesai dalam waktu ditentukan.

"Prioritas utama rutan dan lapas, berapa banyak sih rutan dan lapas di Kalbar, jika dilakukan serentak di Kabupaten Kota dan memang dilakukan serentak, bisa seluruh penghuni Rutan atau Lapas yang belum terekam, bisa terekam dalam waktu tiga hari ini, kalau sudah terekam sudah ada data basenya, bisa dapat KTP atau Suket," bebernya.

Diungkapkannya pula, jika perekaman E-KTP di Lapas dan Rutan sebenarnya bukan hanya menjelang pemilu namun memang untuk mengejar target nasional.

"Sebenarnya kita lakukan bukan menjelang pemilu, tapi selama ini besinergi kita lakukan terus, kita sadar bahwa capaian itu tidak sesuai dengan harapan, harapan kita 100 persen sudah terekam semua, kenyataanya masih banyak," tuturnya.

"Kemarin Pak Dirjen ekspos kurang lebih 6 juta lebih belum terekam, begitu kita tracking ternyata didaerah-daerah tertentu perlu kita prioritaskan yang selama ini kita datangi pemukiman, sekolah dan desa, kali ini kita prioritaskan yang belum kita datangi yaitu Lapas dan Rutan. Bagi Kabupaten Kota yang sudah di Lapas dan Rutan bisa ke sekolah-sekolah, lembaga pelayanan publik lain bagi masyarakat maupun warga yang belum merekam E-KTP," timpalnya.

Lebih lanjut, Rawing juga mengatakan, jika perekaman ini juga sekaligus dengan pencetakan E-KTP.

"Sekaligus (pencetakan E-KTP, Red), inikan ada proses, dari perekaman kita bersihkan dulu didata konsolidasi dipusat, kalau konsolidasi clear berarti sudah bersih, statusnya langsung siap cetak, dan kita cetak E-KTPnya, prosesnya tidak lama asal jaringan lancar," katanya. 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved