Pemilu 2019

Sesalkan Calegnya Tersandung Pidana Pemilu, Suyanto: Kita Akan Tetap Melawan

Ketua DPD Hanura Kalbar, Suyanto Tanjung menyesalkan adanya satu diantara calegnya yang terkena pidana pemilu di Kota Singkawang.

Sesalkan Calegnya Tersandung Pidana Pemilu, Suyanto: Kita Akan Tetap Melawan
TRIBUN PONTIANAK/WAHIDIN
Ketua DPD Partai Hanura Kalimantan Barat, Suyanto Tanjung 

Sesalkan Calegnya Tersandung Pidana Pemilu, Suyanto: Kita Akan Tetap Melawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua DPD Hanura Kalbar, Suyanto Tanjung menyesalkan adanya satu diantara calegnya yang terkena pidana pemilu di Kota Singkawang.

Walaupun begitu, ia menerangkan jika pihaknya akan memberikan pendampingan dan bantuan hukum terhadap calegnya.

“Pasti saya akan berikan pendampingan dan bantuan hukum terhadap caleg-caleg kita,” kata Suyanto, Rabu (16/1/2019).

Sebelumnya, Suyanto mengaku heran atas apa yang terjadi dan menimpa caleg Hanura di kota Singkawang. Karena dinilainya, apa yang dilakukan oleh caleg tersebut adalah hal yang wajar.

Baca: Bukan di Jalan A Yani, Ini Alamat Prodi Seni Tari dan Musik Untan

Baca: Update Cuaca, Kecamatan Delta Pawan dan Sekitarnya Diguyur Hujan Lokal

Baca: Rian Firmansyah Jajal Liga Malaysia, Ini Komentarnya Usai dikontrak Sarawak FA

Sebagai seorang caleg, lanjutnya, tentu perlu melakukan upaya untuk menyakinkan masyarakat, satu diantaranya melalui kontrak politik.

“Itukan kontrak politik jika dia terpilih. Kenapa tidak boleh. Inikan juga menguatkan masyarakat bukan calegnya. Ini kan buat janji, kalau saya terpilih saya akan buat ini, ini, ini. Ada dasar bagi masyarakat untuk menagih janji, nantinya, sebagai seorang caleg yang baru nyalon, tentu dia tidak punya bukti karena baru nyalon. Jadi saya rasa tidak ada masalah, dia hanya berjanji,” terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, mestinya pengawas pemilu memahami dan dapat membedakan antara memberikan janji dengan memberikan uang atau materi secara langsung. Karena menurutnya dua hal yang berbeda.

“Kalau memberikan uang itu transaksional memberi langsung. Tapi kalo janji, inikan belum dilakukan dan ini yang dibutuhkan masyarakat perlu secara tertulis,” jelasnya.

Kendati demikian, DPD Hanura Provinsi Kalbar akan mendalami kembali masalah ini. Sehingga, langkah yang akan diambil untuk membantu calegnya itu bisa sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada.

“Kita akan dalami kembali masalah ini, sampai terakhir nanti dimana. Kita akan tetap melawan. Saya akan baca dulu apa yang dijanjikan oleh caleg kita ini,” tukasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved