Pemprov Kalbar Komitmen Dukung Pemekaran, Norsan Sampaikan Soal Pemekaran Provinsi Tanjungpura

Menurut Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan menuturkan idealnya Kalimantan Barat dapat dimekarkan menjadi tiga wilayah atau tiga provinsi.

Pemprov Kalbar Komitmen Dukung Pemekaran, Norsan Sampaikan Soal Pemekaran Provinsi Tanjungpura
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIZKY PRABOWO RAHINO
Wakil Gubernur Kalimantan Barat H Ria Norsan 

Pemprov Kalbar Komitmen Dukung Pemekaran, Norsan Sampaikan Soal Pemekaran Provinsi Tanjungpura

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalbar terus menunjukkan keseriusan untuk melakukan pemekaran Provinsi Kalbar. Setelah menyatakan komitmen untuk segera melakukan persiapan terhadap pembentukan Provinsi Kapuas Raya, Pemprov Kalbar juga mendorong untuk terbentuknya Provinsi baru di wilayah bagian selatan Kalbar menjadi Provinsi Tanjungpura. Selasa (15/1/2019)

Pernyataan tersebut disampaikan Ria Norsan saat menyampaikan penjelasan terhadap 4 Raperda salah satunya RPJMD pada Paripurna DPRD Kalbar. 

Baca: Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Gencar Kampanyekan Saber Pungli di Desa Binaan

Baca: Paripurna DPRD Provinsi Molor, Ria Norsan Angkat bicara

Baca: 5 Fakta PNS Perawat Gigi Korban Penusukan Sadis, Perampokan hingga Sudah Diintai Pelaku

Menurut Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan menuturkan idealnya Kalimantan Barat dapat dimekarkan menjadi tiga wilayah atau tiga provinsi.

Kendati demikian, Pemekaran Provinsi Kapuas Raya akan menjadi prioritas yang akan didorong oleh Pemprov Kalbar untuk dilakukan selama lima tahun kedepan.

"Luas Wilayah Kalbar ini satu kali setengah luas dari pulau jawa. Pembangunan tidak akan efisien dilakukan karena jumlah anggaran tidak mencukupi mengingat luasnya wilayah," ujarnya.

Ia menuturkan hal tersebut telah dialami oleh pemerintah Provinsi Kalbar, anggaran yang terbatas namun daerah yang akan dibangun sangat luas.

"Ibarat kita menggunakan selimut, ditarik ke kepala kaki nampak, ditarik ke kaki kepala nampak," ujarnya.

Sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan anggaran dan pembangunan pemekeran wilayah merupakan hal yang mutlak dilakukan.

"Hal pertama terlebih dahulu adalah kita mekarkan dahulu daerah kalbar menjadi dua. Setelah terbagi daerahnya, terbagi pemerintahannya sehingga anggaranya juga akan bertambah lebih besar," ujarnya. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved