Kronologis OTT Pungli Dana Bantuan Masjid oleh Oknum Pegawai Kemenag, Pelaku Minta Jatah Segini

Pelaku meminta uang ke Masjid Nurul Huda menerima bantuan sebesar Rp. 100.000.000, dan telah dipungut/dimintai uang oleh Lalu sebesar Rp. 20.000.000.

(KOMPAS.com/FITRI RACHMAWATI)
Salah seorang staf Kanwil Kemenag Lombok Barat (baju putih garis-garis) terkena OTT lantaran kedapatan meminta jatah 20 persen dana pembangunan masjid yang terdampak akibat gempa di Lombok, Selasa (15/1/2019). 

Kronologis OTT Pungli Dana Bantuan Masjid Oleh Oknum Pegawai Kemenag, Pelaku Minta Jatah Segini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam menjelaskan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Lalu Basuki Rahman (49), oknum Pegawai Kementerian Agama yang diduga melakukan pungli dana Bantuan Rehabilitasi Masjid Pasca Gempa di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.

Kapolres Saifuil Alam mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat.

Informasi menyebutkan salah satu staff pada Kantor Kementerian Agama Lombok Barat telah meminta sejumlah uang kepada setiap pengurus masjid yang mendapatkan dana bantuan rehabilitasi dari kantor Kemenag Provinsi NTB.

"Kemudian dengan adanya informasi tersebut telah dilakukan penyelidikan dan pendalaman dengan melibatkan informan. Sehingga pada hari Senin tanggal 14 Januari 2019 dari pukul 10.00 Wita dilakukan pengintaian terhadap orang yang hendak dicurigai akan menyerahkan uang kepada staff PNS kantor Kemenag Kabupaten Lombok Barat," kata Kapolres dalam rilis kepada Tribunpontianak.co.id, Selasa (15/1/2019). 

AKBP Saiful Alam bagikan selebaran rekrutmen calon anggota Polri di sela-sela aksi massa di Mapolda Kalbar, Jumat (20/1/2017)
AKBP Saiful Alam bagikan selebaran rekrutmen calon anggota Polri di sela-sela aksi massa di Mapolda Kalbar, Jumat (20/1/2017) (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HADI SUDIRMANSYAH)

Baca: Larangan Roda Enam Lewati Dua Jembatan Bersejarah, Kadishub Akan Kaji Dengan Forum Lalulintas

Baca: Roda Enam Dilarang Lewat Dua Jembatan Bersejarah, Kadishub Akan Kaji Dengan Forum Lalu Lintas

Baca: Relawan Demokrasi KPU Kayong Utara Akan Bekerja Selama Tiga Bulan

Baca: Wanita Dimaki Usai Ungkap Fakta Prabowo Pidato Pakai Teleprompter, Gus Nadir: Padahal Bukan Aib

Tepatnya pada pukul 11.00 Wita orang yang dicurigai tersebut mempergunakan sepeda motor merek Honda dengan nomor plat DR 4278 CV melintas di Jalan Dusun Limbungan Selatan Desa Taman Sari Kecamatan Gunugsari Kabupaten Lombok Barat.

Terduga pelaku kemudian berhenti dan menemui seseorang.

Setelah dilakukan pengintaian ternyata orang tersebut menerima barang yang terbungkus dengan menggunakan plastik warna hitam yang diberikan oleh seseorang.

Tim penyelidik kemudian memberhentikan kendaraan sepeda motor yang dipergunakan terduga pelaku.

"Berdasarkan interogasi, orang yang diamankan mengaku bernama Lalu Basuki Rahman. Kita geledah kendaraannya ditemukan barang terbungkus dalam plastik warna hitam berada dalam jok sepeda motor. Saudara Lalu Basuki Rahman mengaku bahwa didalam tas plastik warna hitam tersebut berisi sejumlah uang yang baru saja diterima dari pengurus masjid yang mendapatkan dana bantuan rehabilitasi masjid pasca gempa," ungkap Kapolres.

Halaman
123
Penulis: Rihard Nelson Silaban
Editor: Rihard Nelson Silaban
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved