Dana Desa di Kubu Raya Pada Tahun 2019 Capai 134 Miliar

"Alhamdulillah 2019 ini sudah ada yang menyerahkan, kalau tahun lalu, banyak terjadi keterlambatan, namun bisa di atasi," katanya.

Dana Desa di Kubu Raya Pada Tahun 2019 Capai 134 Miliar
NET
Ilustrasi 

Dana Desa di Kubu Raya Pada Tahun 2019 Capai 134 Miliar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepada dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kubu Raya, Nursyam Ibrahim mengatakan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di Kubu Raya mengalami peningkatan di 2019. Namun untuk Bagi Hasil Pajak Retribusi Daerah (BHPRD) diakuinya mengalami penurunan.

"Di 2019 untuk ADD sebanyak 84 Miliar sebelumnya 2018 sebanyak 81 miliar, sementara untuk DD di 2019 sebesar 134 miliar lebih sedangkan di 2018 sebesar 111 miliar lebih. Untuk BHPRD tahun 2019 ini 12 miliar lebih sementara di 2018 mencapai 14 miliar lebih," ujarnya, Selasa (15/1/2019)

Baca: Update Cuaca Kota Pontianak, Akan Turun Hujan Lokal Siang Hari

Baca: Gusti Ramlana: Kades Harus Transparan

Baca: Kewaka Fisip Untan Harapkan Pemerintah Tegas Atasi Persoalan Intoleransi

Hingga awal Januari 2019, diakuinya sudah ada empat desa yang menyerahkan laporan keuangan Desa. Ia berharap, desa yang lain juga bisa menyusul.

"Alhamdulillah 2019 ini sudah ada yang menyerahkan, kalau tahun lalu, banyak terjadi keterlambatan, namun bisa di atasi," katanya.

Nursyam menilai keterlamatan menyampaikan laporan tersebut, sudah terjadi setiap tahunya, namun terus di lakukan perbaikan.

"Maslah keterlambatan ini, meruapakan maslah yang klasik, karena persoalan ini masih terkendala oleh keterbatas SDM yang terjadi di desa. Sampai terjadi keterlambatan, mungkin karena ketidak tahuan dalam membuat laporan rencana penyerapan anggaran sesuai prosedur yang berlalu," tuturnya.

Di mengingatkan, jika desa tidak mengerti dalam membuat laporan maka bisa dikonsultasikan dengan pemerintah Kabupaten, sehingga hal tersebut bisa diatasi.

"Kalau tidak mengerti, ya minta bantuanlah dengan pemerintah Kabupaten. Jangan sungkan, ini supaya cepat dilakukan pencairan, sehingga tidak menjadi kendala dalam pembanggunan di desa," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved